batampos.co.id – Jajaran Polda Kepri melalui Bidang Kedokteran dan Kesehatan melakukan rapid test massal di pelataran parkir Mapolresta Barelang, Kamis (17/9). Ada 1.500 orang mengikuti rapid test gratis ini.

Kepala Biddokes Polda Kepri, Kombes M Haris, menyebutkan, dari ribuan rapid test tersebut, terindikasi ada warga yang hasilnya reaktif. ”Dua orang reaktif, selebihnya non reaktif,” kata Haris, kemarin.

Hasil reaktif terhadap kedua orang tersebut akan ditindaklanjuti untuk menjalani pemeriksaan tes swab di RS Bhayangkara. Tes ini dilakukan untuk memastikan keduanya terpapar Covid-19 atau tidak.

Apabila hasilnya negatif, maka keduanya boleh kembali beraktivitas lagi. Namun, apabila hasilnya positif keduanya akan menjalani isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19. Haris mengatakan, tes cepat massal ini, untuk melacak secara acak bagi masyarakat. Dan juga dalam rangka sebelum dilaksanakannya Pilkada 2020.

Tes massal ini tidak dipungut biaya satu rupiah pun. Selain itu, masyarakat juga dapat meminta surat keterangan non reaktif rapid test. ”Tapi tidak bisa hari ini (kemarin, red), besok (hari ini, red) baru bisa kami keluarkan (surat keterangan non reaktif),” ucapnya.

Selain mengadakan rapid test massal, Polda Kepri juga membagikan 1.500 paket sembako berisikan beras 5 kilogram, minyak goreng 2 liter, gula satu bungkus, biskuit satu kaleng, dan dua kotak teh. Jajaran Polda Kepri juga membagikan masker gratis. Kegiatan ini merupakan wujud dari Polri untuk meringankan beban masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Tak hanya Polda Kepri, Polresta Barelang juga menggelar kegiatan Satgas Nusantara, Subsatgas Kemitraan, Bakti Sosial, dan Bakti Kesehatan, Kamis pagi (17/9) pagi. Dalam kegiatan ini, Polresta menyediakan rapid test gratis, sunatan massal, pembagian ribuan sembako, dan masker.

Kapolresta Barelang, AKBP Yos Guntur Yudi FS, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Selain itu, pihaknya turut membantu meringankan beban masyarakat di tengah pandemi ini. ”Kita dari Polri harus hadir di tengah tengah masyarakat. Tak lupa kita selalu mengimbau untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjaga jarak,” kata Yos.

Selain itu, lanjut Yos, kegiatan ini juga dalam rangka cooling system Pilkada 2020. Dalam kesempatan itu, Yos meminta seluruh personel memberikan pengamanan maksimal hingga tahapan pilkada selesai.

”Kita harapkan pilkada ini terselenggara dengan baik dan berjalan dengan aman dan kondusif. Tidak lupa juga untuk personel agar terus berkoordinasi kepada instansi terkait guna kesuksesan pilkada,” pesannya.(*/jpg)