batampos.co.id – Hannah Kahve dapat menjadi salah satu pilihan bagi para pecinta kopi di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Pemilik Hannah Kahve, Herlando, mengatakan, Hannah Kahve merupakan cafe tematik bergaya Turki yang pertama dan satu-satunya di Kota Batam.

Cafe yang ia dirikan menyajikan kopi khas Turki yang proses penyeduhannya sangat unik yaitu dengan menggunakan pasir.

“Ini menjadi pilihan bagi warga Batam maupun wisatawan yang ingin merasakan nuansa Turki, karena kita satu-satunya di Batam,” kata dia, Jumat (18/9/2020).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata, mengatakan, kehadiran cafe ala Turki ini menambah keragaman wisata kuliner di Batam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam, Ardiwinata (tengah) saat mencoba menyeduh kopi dengan menggunakan pasir di Hannah Kahve. Foto: Media Center Pemko Batma untuk batampos.co.id

“Ini akan menggairahkan pariwisata Batam. Apalagi kita juga sedang berupaya memulihkan dunia pariwisata,” ujarnya.

Ardi mengaku senang dengan kehadiran cafe yang bernuansa Turki ini. Bahkan, beberapa menunyapun didatangkan langsung dari negara transkontinental tersebut seperti kopi.

Menu lainnya juga ada nasi kebuli dengan disajikan bersama gulai kambing. Ia berharap, dengan hadirnya cafe tersebut, menambah pilihan dan jadi daya tarik baru bagi wisatawan.

“Dalam penyajiannya beberapa menu, saya lihat ada atraksinya juga. Ini cocok untuk dijadikan destinasi baru khususnya di sektor kuliner, apalagi ada ruang pertemuannya juga,” katanya.

Ia mengatakan, hal ini sejalan dengan upaya Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, memulihkan pariwisata Batam usai diterpa Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dengan pariwisata kembali hidup, perekonomian Batam pun diharapkan bangkit lagi.

“Pak Wali sangat serius mengembangkan pariwisata di Batam. Bahkan, untuk mendukung pariwisata ini, beberapa destinasi sudah dibangun dan infrastruktur makin cantik,” kata dia.

Di kesempatan itu, Ardi juga menyampaikan pesan Wali Kota Batam tentang penerapan protokol kesehatan.

Ia mengatakan, pihak cafe diminta terus mendukung pemerintah dalam menangani Covid-19 di Batam.

“Saya lihat sudah tersedia fasilitas pendukung seperti tempat cuci tangan, kursi berjarak, hingga pemeriksaan suhu badan. Tolong ingatkan pelanggan jika ada yang tak pakai masker,” ujar Ardi.(*/esa)