batampos.co.id – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menggandeng Badan Musyawarah Guru Al-Qur’an (BMGQ) Kota Batam guna mewujudkan daerah ini menjadi kota modern dan madani.

Menurutnya, pemerintah memerlukan dukungan para guru untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal.

“Namanya kita kerja, apa saja harus ada target. Kalau tidak, kita tak tahu kita mau ke mana. Untuk Batam ini, saya menargetkan kota modern dan madani,” kata Rudi saat membuka Bedah Kurikulum TKQ, TPQ, dan TQA BMGQ Kota Batam, Minggu (20/9/2020).

Ia menjelaskan, untuk menjadikan kota modern, pihaknya terus melakukan pembangun.

Beberapa infrastruktur juga sudah diperbaiki untuk menuju Batam modern. Sementara untuk target madani, pihaknnya menitipkannya kepada para guru dan alim ulama.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menggandeng Badan Musyawarah Guru Al-Qur’an (BMGQ) Kota Batam guna mewujudkan daerah ini menjadi kota modern dan madani. Foto: Media Center Pemko Batam untuk batampos.co.id

“Ini yang kita perjuangkan untuk Kota Batam ini,” ujarnya.

Selain itu, Rudi mengatakan, berbicara soal kurikulum, tentu harus berbicara mutu.

Ia juga berpesan kepada peserta yang merupakan guru Al-Qur’an untuk menyiapkan generasi Batam sesuai target yang diberikan.

“Kalau semua sudah bergerak, semua yang kita targetkan akan lebih mudah mencapainya,” kata dia.

Ketua Umum BMGQ Kota Batam, Deden Sirajudin, menyampaikan, siap menjadikan Batam sebagai Kota Bandar Dunia Madani.

Sehingga perlu pemberian wawasan dan pendalaman terkait kurikulum baru bagi para guru Al-Qur’an khususnya koordinator tingkat kecamatan hingga kelurahan.

“Kegiatan ini diikuti 150 orang, kami berharap hasil dari bedah kurikulum ini perlu disosialisasikan hingga ke seluruh guru Al-Qur’an,” ujarnya.

Ia mengatakan, kurikulum tingkat Kota Batam ini diadopsi dari kurikulum nasional.

Ia berharap dalam bedah kurikulum tersebut bisa mendapatkan masukan dan mampu mendukung target yang menjadi cita-cita Kota Batam.

“Semoga menambah wawasan para guru dan mampu menjadikan Batam bandar dunia madani,” kata dia.(*/esa)