batampos.co.id – Bantuan kuota data internet sebagai pendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk siswa, guru, dosen, dan mahasiswa dikirim mulai hari ini (22/9). Penyaluran subsidi kuota untuk empat bulan tersebut akan dilakukan bertahap.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na’im menyatakan, detail penyaluran itu dijelaskan melalui Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 14 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis (Juknis) Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020. ”Petunjuk teknis ini menjadi pedoman dalam penyaluran bantuan kuota data internet bagi pendidik dan peserta didik,” ujarnya.

Dalam juknis itu disebutkan, bentuk bantuan yang diberikan Kemendikbud berupa kuota data internet yang dibagi atas kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum dimaksudkan pada kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. Sedangkan kuota belajar merupakan kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran yang tercantum pada http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.