batampos.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Indonesia terus menudukung supaya negara Palestina bisa merdeka. Sehingga tidak lagi dijajah oleh Israel.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan pidatonya dalam ‎Sidang Majelis Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden.

“Palestina adalah satu-satunya negara yang hadir di Konferensi Bandung (Konferensi Asia Afrika), yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya. Indonesia terus konsisten memberikan dukungan bagi Palestina untuk mendapatkan hak-haknya,” ujar Jokowi‎, Rabu (23/9).

Jokowi mengatakan, pada 17 Agustus 2020 kemarin, Indonesia baru merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75. Ini adalah momentum bagi Indonesia untuk terus bertekat untuk berkontribusi bagi perdamaian di dunia. “Sudah menjadi tekad kami, Indonesia terus berkontribusi bagi perdamaian dunia sesuai amanah konstitusi,” katanya. “Indonesia akan terus memainkan peran sebagai bridge builder, sebagai bagian dari solusi,” tambahnya.

Secara konsisten, komitmen dari Indonesia untuk berkontribusi bagi perdamaian di dunia. Karena Presiden Jokowi tidak ingin masih adanya negara yang mengalami penjajahan. “Spirit kerja sama akan selalu dikedepankan Indonesia, spirit yang menguntungkan semua pihak tanpa meninggalkan satu negara pun,” ungkapnya.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, persamaan derajat inilah yang ditekankan oleh Bapak Bangsa Indonesia Soekarno (Bung Karno) saat Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955 yang menghasilkan Dasa Sila Bandung.

“Hingga kini prinsip Dasa Sila Bandung masih sangat relevan termasuk penyelesaian perselisihan secara damai pemajuan kerja sama dan penghormatan terhadap hukum internasional,” pungkasnya. (*/jpg)