batampos.co.id – Pemko Batam akan mempersiakan Puskesmas Mentarau, Tiban, untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19 di Kota Batam.

Hal ini diutarakan oleh Wakil Wali Kota Btam, Amsakar Achmad. Menurutnya saat ini kapasitas kamar dan tempat tidur di rumah sakit rujukan untuk menangani pasien Covid-19 sudah hampir penuh.

“Khusus untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) bisa dilakukan isolasoi mandiri. Jika nanti masih terjadi lonjakan kami akan mempersiapkan Puskemas Mentarau,” ujarnya Jumat (25/9/2020).

Kata dia, apabila pengambilan sampel terus dilakukan, kemungkinan besar masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 akan bertambah.

Jumlah pasien Covid-19 di Kota Batam hingga Kamis (24/9/2020).

“Di setiap penambahan satu orang, akan banyak nanti yang diambil sampelnya. Jadi ketika sekarang kondisi sudah tembus angka seribu, itu bisa jadi setiap hari lompatan pertumbuhan 40 sampai 50 dan nanti kalau sudah tembus angka 1500 bisa jadi angka lompatan perharinya bisa 100,” jelasnya.

Menurutnya, semakin banyak yang terdampak semakin banyak juga yang ditracing 

“Kalau kondisinya pasien membludak, maka tidak ada pilihan kita akan siapkan Bapelkes. Pak Asep Zaenal Mustofa (Kepala Bapelkes Batem, red) sudah oke.” ujarnya.

Selain itu kata dia, nantinya puskesmas yang ada akan difungsikan untuk menangani pasien Covid-19 adalah Puskesmas Mentarau, Tiban.

Pemilihan Puskesmas Mentarau lanjutnya dikarenakan di sekitarnya terdapat rumah sakit yang mudah dijangkau dan mobilitas tenaga medisnya juga mudah.

“Kalaupun ini (pasien Covid-19,red) berkembang sangat pesat kita percayakan ini kepada Tim Gugus Tugas yang akan mengambil peran itu,” tuturnya.(nto)