batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam memberikan batasan bagi sumbangan dana kampanye pasangan calon kepala daerah di Pilkada 2020.

Sumbangan dana dibatasi terhadap dana lembaga dan perseorangan. Selain itu, sumbangan dana kamoanye baik lembaga dan perseorangan wajib disetorkan melalui rekening khusus dana kampanye.

Dilansir dari Harian Batam Pos, Ketua KPU kota Batam, Herrigen Agustus, mengatakan, dana kampanye dilaporkan dua hari setelah penetapan pasangan calon oleh KPU, yang sedianya diumumkan 23 September.

”Soal dana kampanye dan jadwal ini yang masih dalam pembahasan kita bersama masing-masing paslon,” katanya, Jumat (25/9/2020).

Disebutkan Herrigen, dalam peraturan KPU sumbangan dana kampanye yang berasal dari badan swasta dan partai maksimal sebesar Rp 750 juta.

Sedangkan sumbangan dari pihak perseorangan maksimal sebesar Rp 75 juta.

Lukita Dinarsyah Tuwo-Abdul Basyid dan Rudi-Amsakar memegang nomor urut yang mereka dapatkan setelah pengundian nomor urut calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam pada Pilkada 2020. Foto: Dhiyanto/batampos.co.id

”Tanggal 24 September kemarin, kedua pasangan calon sudah membuka rekening khusus dana kampanye. Artinya hari ini sudah ada laporan dana awal,” terang Herrigen.

Sedangkan untuk masa kampanye sendiri sudah berlangsung mulai 26 September sampai dengan 5 Desember 2020.

Mekanismenya, kedua pasangan calon wajib memberikan jadwal dan bentuk kampanye ke KPU Batam.

”Itu wajib disampaikan dulu ke kita, kampanye dimana dan dalam bentuk apa. Yang jelas mereka membuat laporan sebelum pelaksanaan karena memang untuk kampanye penggunaan
dana juga diatur. Sehingga ada kesamaan dan keadilan kedua pasangan calon,” bebernya.

Untuk jadwal sendiri, masing-masing pasangan calon bisa menyusun jadwal termasuk dalam bentuk apa, pertemuan terbatas atau sebagainya.

”Sejauh ini belum diserahkan ke kami . Untuj agenda kita saat ini masih melakukan rapat koordinasi terkait dengan penggunaan anggaran kampanye, alat peraga. Mudah-mudahan hari ini sudah ada kata kesepakatan kedua paslon, sehingga mereka sudah bisa memulai masa kampanye,”ucapnya.(jpg)