Selasa, 19 Maret 2024

Program Batam Bintan Karimun Murah Kadin Kepri Diresmikan

Berita Terkait

batampos.co.id – Program Batam Bintan Karimun (BBK) Murah, yang diinisiasi oleh Kamar Dagang dan Industri Kepulauan Riau (Kadin Kepri), resmi diluncurkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) RI, Airlangga Hartarto, Sabtu (26/9/2020), di Plaza Lagoi, Kawasan Wisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya memberikan dukungan penuh dan memberikan apresiasi atas upaya Kadin Kepri. Hal ini akan menjadi pengungkit bagi pertumbuhan investasi dan mengakselerasi investasi di Kepri.

“Ini akan menjadi restart dan rebooting yang dimulai dari angka nol. Sehingga sesudah nol menjadi positif,” ujarnya.

“Sejalan dengan itu, Pemerintah juga sedang melaksanakan program dan mengalokasikan anggaran untuk penanganan wabah covid-19 agar perekonomian dapat tumbuh kembali,” tuturnya lagi.

Erlangga mengatakan, dirinya mendapat informasi bahwa sudah ada 11 perusahaan yang bernegosiasi dan perkiraan penyerapan tenaga kerja sekitar 1,500 orang dalam program BBK murah.

Ketua Kadin Kepulauan Riau, Akhmad Ma’ruf Maulana, mengatakan, Program BBK Murah merupakan paket stimulus berupa pemberian sewa lahan gratis selama lima tahun di lokasi yang berada di wilayah FTZ Batam, Bintan, Karimun dan Tanjung Pinang.

Murah dalam arti terjangkau dan juga memiliki nilai kompetitif yang lebih baik dengan dukungan insentif yang melekat dalam status FTZ di BBK.

Ia menjelaskan, lahan yang sudah tersedia antara lain sekitar 50 hektar di FTZ Batam, 500 hektar di Karimun, dan 1.000 hektar di Bintan.

“Program ini juga menawarkan insentif berupa relaksasi pajak/retribusi di daerah yang masuk dalam program ini, seperti pajak hotel, restoran, hiburan, penerangan jalan, pajak bumi bangunan, dan pajak parkir,” tuturnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) RI, Airlangga Hartarto, meresmikan program Batam bintan Karimun (BBK) Murah. Foto: BP Batam untuk batampos.co.id

“Selanjutnya stimulus bagi pelaku UKM, kemudahan birokrasi perizinan, dan cicilan uang wajib tahunan (uwt) bagi investor di Batam,” kata Ma’ruf Maulana lagi.

Dikatakannya, peluncuran Program BBK Murah di tengah pandemi Covid-19 ini sebagai bentuk kepedulian pengusaha yang merupakan ujung tombak untuk menuju kebangkitan dan pemulihan ekonomi di Kepri.

Program ini mendapat dukungan penuh dari Kemenko Bidang Perekonomian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Priwisata dan Ekonomi Kreatif, Kadin Indonesia, serta seluruh stakeholder di Kepulauan Riau.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani, menyambut baik program ini karena akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Kepulauan Riau.

“Saya meyakini ini merupakan suatu lompatan besar untuk penguatan kawasan ekonomi ke depan, khususnya di Kepulauan Riau,” kata Rosan P. Roeslani.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi, yang turut hadir dalam peresmian tersebut, mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi dan mendukung penuh program yang diinisiasi oleh Kadin Kepri tersebut.

Ia mengemukakan, untuk saat ini kita membutuhkan investasi di Pulau Batam, tetapi hari ini kita hadir bersama untuk mendukung investasi di Kepulauan Riau.

“Untuk menarik investor masuk berinvestasi di suatu daerah, kita akan menyiapkan semua fasilitas yang dibutuhkan oleh para calon investor. Salah satunya hari ini, Kadin Kepulauan Riau memberikan insentif pembebasan sewa lahan gratis selama 5 tahun, artinya ini bisa membuat satu kebaikan dan bisa menarik keinginan investor untuk masuk ke Kepri,” kata Kepala BP Batam.

Muhammad Rudi menambahkan, BP Batam tentunya akan menyiapkan fasilitas infrastruktur yang meliputi pelabuhan laut dan bandara. Serta akan memberikan kemudahan mulai dari segi perizinan dan lainnya.

“Kita akan menyambut baik program ini karena akan menarik total nilai investasi sebesar USD 550 juta,” katanya.

Usai peluncuran program BBK Murah, dilanjutkan dengan zoom daring meeting bersama investor asal Amerika Serikat dan Jepang.

Turut hadir dalam peresmian itu perwakilan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Samsul Bahrum, perwakilan pemerintah Kabupaten Bintan dan perwakilan pemerintah Kabupaten Karimun, Apindo Kepri dan HKI Kepulauan Riau.

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatangan prasasti digital oleh Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, didampingi oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita; Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto; Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo; Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama.(*)

Update