batampos.co.id – Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kepri menggelar acara Kepri Bersepeda melintasi tiga pulau yang ada di Kota Batam. Acara akan digelar 8 November 2020 mendatang.

Ketua DPD HPI Kepri, Abdi Simatupang, mengatakan tiga pulau yang akan menjadi rute gowes kali ini adalah Pulau Tanjungkubu, Pulau Bulang Kebam, dan Pulau Bulang Lintang. Peserta nanti akan berangkat dari Pelabuhan Sagulung dan akan melintasi trek sepanjang kurang lebih 23 kilometer.

”Nanti peserta menyeberang dulu ke Pulau Tanjungkubu, kurang lebih sepuluh menit,” kata Abdi, Minggu (27/9).

Bersepeda ini merupakan budaya baru dalam memperkenalkan dan mengeksplorasi objek-objek wisata di Kepri dan Batam khususnya. Tiga pulau ini diharapkan bisa menjadi salah satu destinasi baru kepada pecinta sepeda.

”Holiday back to nature. Sebab selama gowes, peserta bisa menikmati suasana alam yang menyegarkan dan tentu juga rutenya,” ujarnya.

Pelaksanaan digelar tetap dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Karena, untuk saat ini acara akan diikuti peserta lokal terlebih dahulu. Jika nanti kondisi sudah membaik dan tak ada Covid-19, diharapkan bisa mengundang peserta dari Malaysia dan Singapura.

Selain bersepeda, event ini juga akan diramaikan dengan lucky draw hingga menikmati kuliner khas atau seafood.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam, Ardiwinata, mengatakan event ini diharapkan menjadi penggerak pariwisata, terutama dari kalangan pecinta gowes. ”Meskipun tengah pandemi, HPI mencoba menghadirkan destinasi baru dengan acara Kepri Bersepeda ini,” ujarnya.

Saat ini, Batam tengah berusaha mendongkrak kunjungan wisatawan lokal. ”Apa pun itu yang mendukung pariwisata pasti akan didukung oleh pemerintah,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar, berpesan kepada peserta untuk mematuhi protokol kesehatan. ”Acara ini bagus untuk mendongkrak pariwisata. Bersepeda akan menjadi objek baru,” tambah Buralimar.(*/jpg)