batampos.co.id – Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang memulangkan 40 orang, setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Dengan adanya pemulangan ini, tentunya mengurangi jumlah pasien yang berada di Galang.

”Benar, sudah ada yang pulang. RSKI kembali bisa menerima pasien Covid-19,” kata Kepala RSKI Pulau Galang, dr Khairul Ikhsan, Minggu (27/9).

Namun, kapasitas tampung RSKI Galang hanya untuk 40 orang pasien Covid-19. Kapasitas tampung sesuai dengan jumlah tempat tidur yang tersedia di rumah sakit tersebut. ”Yang pulang segitu (40 pasien, red), jadi hanya dapat menampung 40 pasien baru,” tuturnya.

Ikhsan menambahkan, tingginya jumlah pasien yang sembuh ini karena pengobatan yang diberikan sesuai arahan dari Kemenkes. Setiap pasien diberikan obat Oseltamivir.

Dari beberapa referensi di berbagai laman kesehatan, Oseltamivir tergolong ke dalam obat antivirus yang bekerja dengan cara menghentikan aktivitas virus untuk berkembang. ”Obat itu kami berikan sesuai arahan pusat,” ucapnya.

Selain itu, setiap pasien juga diberikan vitamin C, serta madu murni, setiap harinya. Demi mencegah pasien mengalami stres, setiap pagi dan sore semua pasien akan menjalani rutinitas senam sehat. ”Berkumpul bersama, senang-senang. Kami buat bagaimana pasien tersebut tidak stres,” tuturnya.

Hingga Minggu, total pasien positif Covid-19 di Kota Batam sudah mencapai 1.548 orang, sembuh 974 orang, masih dirawat 525, sedangkan meninggal 47 orang. (*/jpg)