Selasa, 19 Maret 2024

Bintan Fokus Kembangkan Wisata Pulau Terluar Tambelan

Berita Terkait

batampos.co.id – Pjs Bupati Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Buralimar menyatakan fokus mendorong pengembangan pariwisata Pulau Tambelan sebagai destinasi baru unggulan pada masa depan. Tambelan merupakan kecamatan terluar di Kabupaten Bintan. Untuk sampai ke sana membutuhkan waktu sekitar 24 jam dari pusat ibu kota Provinsi Kepri di Kota Tanjungpinang, dengan menggunakan transportasi kapal Pelni.

Saat ini, Tambelan sudah memiliki bandara sendiri. Sehingga, jarak yang ditempuh hanya sekitar 1,5 jam dari Tanjungpinang. Namun, penerbangan tidak setiap hari, cuma dua sampai tiga kali dalam seminggu dengan maskapai Susi Air.

”Sejauh ini hanya Susi Air. Mudah-mudahan ke depan ada maskapai lain yang berminat melayani penerbangan ke Tambelan,” kata Buralimar seperti dilansir dari Antara Selasa (29/9).

Buralimar mengibaratkan Tambelan sebagai kepingan surga tersembunyi di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri. Tambelan memiliki pulau-pulau, pantai, dan laut yang masih asri. Ditambah banyak spot memancing yang sangat bagus.

Menurut dia, Tambelan memang belum terdapat hotel. Tapi home stay dan rumah-rumah warga masih ada. Apalagi kultur masyarakat di sana begitu ramah dan terbuka bagi pendatang atau wisatawan.

”Kami bakal membenahi Pulau Tambelan secara bertahap. Selama ini jauh tertinggal dan terkesan dibiarkan. Daerah ini punya peluang besar untuk berkembang melalui sektor pariwisata,” ujar Buralimar.

Dia mencontohkan, pariwisata di Provinsi Papua yang jauh saja dikejar wisatawan mancanegara. Asal transportasi lancar setiap hari ke Tambelan. ”Saya optimistis, potensi wisata Tambelan ke depan jadi magnet bagi turis terutama dari Eropa, yang hobi berpetualang ke daerah kita,” ucap Buralimar.(jpg)

Update