batampos.co.id – Kapolresta Barelang, AKBP Yos Guntur Yudi Fauris Susanto, mengimbau seluruh masyarakat Batam untuk meningkatkan kewaspadaan selama masa pandemi Covid-19. Sebab, kriminalitas seperti perampokan dan pencurian, jumlahnya juga meningkat.

”Jangan membuka peluang atau kesempatan bagi orang lain untuk melakukan tindak kriminalitas,” ujar Yos, Selasa (29/9).

Yos menjelaskan, dari beberapa kasus kriminalitas yang diungkap, para pelaku mengaku nekat melakukan kejahatan karena faktor ekonomi.

Mereka rata-rata mengaku tidak mempunyai pekerjaan atau penghasilan yang tetap. ”Karena tidak ada pekerjaan, maka akan timbul niat kejahatan untuk mendapatkan uang,” katanya.

Yos menambahkan, selama pandemi ini, banyak lapangan pekerjaan atau perusahaan yang tutup serta memutus hubungan kerja (PHK) karyawannya. Sehingga, banyak warga Batam saat ini kehilangan pekerjaan.

”Tidak ada pekerjaan dan kebutuhan mendesak. Ini salah satu faktornya,” ungkap Yos.

Untuk mengantisipasi meningkatnya tindak kejahatan ini, kata Yos, pihaknya meningkatkan patroli, khususnya pada malam hari. Kemudian, melakukan pencegahan dengan melibatkan Sat Intelkam Polresta Barelang. ”Kita lakukan pendeteksian dini dengan anggota Intel. Untuk patroli rutin kita lakukan hingga malam hari,” kata Yos.

Sejak pandemi melanda Batam beberapa bulan lalu, telah terjadi beberapa kali kasus kejahatan. Mulai dari pencurian kendaraan bermotor di berbagai kecamatan, perampokan di Seibeduk, dan yang terbaru perampokan di Galang. Pelaku menggasak barang berharga maupun uang tunai.(*/jpg)