Rabu, 24 April 2024

Ini Nama Partai Baru Amien Rais

Berita Terkait

batampos.co.id – Akhirnya mantan Ketua MPR Amien Rais mengumumkan nama partai barunya yang diberinama Partai Ummat.

“Mukadimah Partai Ummat,” ujar Amien Rais yang disiarkan dalam akun YouTuber Amien Rais Official, Kamis (1/10/2020) seperti yang dilansir dari JawaPos.com.

Menurut Amien Rais, kitab suci Alquran mendorong umat beriman, agar dalam mengarungi kehidupan di dunia, senantiasa melaksanakan dua perintah Allah SWT secara serentak. Pertama melakukan al-amru bil ma’ruf dan an-nahyu anil munkar. Yakni memerintahkan tegaknya kebajikan dan memberantas keburukan.

Kedua adalah menjalankan al-amru bil adli dan an-nahyu anidzulmi, yakni menegakan keadilan dan memberantas kezaliman.

“Bila yang pertama lebih bergerak lebih pada tatanan personal, familiar dan kumunal (level mikro). Maka yang kedua lebih pada tataran nasional (level makro)‎ dari berkaitan erat dengan masalah kekuasaan,” katanya.

Amien Rais mengatakan, sejarah umat manusia menunjukkan bahwa hanya negara yang mampu melakukan kezaliman kolosal. Tetapi sebaliknya pula, hanya negara yang dapat menegakkan keadilan secara merata.

Dengan memiliki sarana dan aparat yang lengkap serta kekuasaan yang paling besar,‎ negara dapat melancarkan kezaliman politik, kezaliman ekonomi, kezaliman sosial, kezaliman hukum, bahkan kezaliman kemanusiaan.

“Namun hanya negara pula yang dapat menegakkan keadilan bagi semua rakyatnya. Semua tergantung pada pemerintah yang sedang berkuasa. Apakah sedang membela kepentingan rakyat dan umat. Atau sebaliknya sedang membela kepentingan konglomerat korporatokrat atau sebaliknya,” ungkapnya.

Amien Rais mengatakan, pada akhirnya segolongan umat manusia harus berikhtiar untuk menegakkan keadilan, sekaligus melawan kezaliman secara sistematik lewat perjuangan politik.

“Partai Ummat Insya Allah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya, melawan kezaliman dan menegakkan keadilan,” tuturnya.

“Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945 dan semua aturan demokrasi universal,” tambahnya.

Untuk diketahui, dorongan agar Amien Rais membentuk parpol baru awalnya disampaikan politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Muhammad Asri Anas pada Maret 2020 silam.(jpg)

Update