batampos.co.id – Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan ibu negara Melania Trump dinyatakan positif terpapar virus Korona. Ternyata obat Hidroklorokuin yang selama ini diminum Trump untuk mencegah agar tak terpapar virus Korona tak terbukti.

Trump mengumumkan pada Jumat (2/10) pagi di tengah kesibukan kampanyenya pasca debat capres bahwa dirinya positif Covid-19. Trump selama ini memang tak pernah patuh mengenakan masker.

Baca juga: Sebelum Debat Capres Perdana, 1 Juta Penduduk AS Sudah Mulai Memilih
“Malam ini, @FLOTUS dan saya dinyatakan positif Covid-19. Kami akan segera memulai proses karantina dan pemulihan. Kami akan melalui ini bersama!” Trump berkicau di Twitter seperti dilansir dari CNN, Jumat (2/10).

Dalam memo yang dikeluarkan kepada wartawan sekitar pukul 1 pagi ET, dokter Presiden, Komandan Angkatan Laut Dr. Sean Conley, menulis bahwa dia menerima konfirmasi dari tes positif pada Kamis (1/10) malam. “Presiden dan Ibu Negara baik-baik saja saat ini, dan mereka berencana untuk tetap di rumah di Gedung Putih selama pemulihan mereka,” tulis Conley.

“Tim medis Gedung Putih dan saya akan terus berjaga-jaga, dan saya menghargai dukungan yang diberikan oleh beberapa profesional dan institusi medis terhebat di negara kita,” tulis Conley, tanpa merinci bantuan apa yang diberikan kepada Gedung Putih.

“Yakinlah saya berharap Presiden terus menjalankan tugasnya tanpa gangguan sambil memulihkan diri, dan saya akan terus mengabari perkembangan selanjutnya,” tulisnya.

Trump memang sudah menyatakan untuk karantina mandiri setelah salah satu asisten terdekatnya dinyatakan positif terinfeksi. “Hope Hicks (asistennya), yang telah bekerja sangat keras bahkan tanpa istirahat sebentar, baru saja dinyatakan positif Covid-19. Mengerikan! Ibu Negara dan saya sedang menunggu hasil tes kami. Sementara itu, kami akan memulai proses karantina kami,” kica Trump pada Kamis (1/10) malam.

Hicks telah bepergian dengan Trump beberapa kali baru-baru ini, termasuk saat debat capres perdana di Cleveland pada Selasa (29/9). Dan terlihat menaiki Marine One, bersama dengan beberapa pembantu terdekat Presiden lainnya yakni Jared Kushner, Dan Scavino, dan Nicholas Luna. Tidak satu pun dari mereka mengenakan masker. Pada Rabu (30/9), Trump menuju ke rapat umum kampanye di Minnesota.(jpg)