batampos.co.id – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengimbau aparatur sipil negara (ASN) untuk bersikap netral dalam menghadapi Pilkada Serentak 2020. Menurutnya, netralitas adalah prinsip utama bagi sikap dan perilaku ASN dalam melaksanakan tugas dan fungsi fungsinya selaku pelayan publik.

“ASN harus bersikap adil, tidak berpihak dan tidak mudah dipengaruhi oleh kepentingan siapapun baik pribadi kelompok ataupun golongan,” kata Ma’ruf dalam diskusi daring bertema ‘ASN Netral, Birokrasi Kuat dan Mandiri‘, Rabu (7/10).

“Apabila terjadi keberpihakan maka akan menjauhkan kita dari tujuan membangun birokrasi yang profesional, sebagai penentu terciptanya tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa,” lanjut Ma’ruf.

Ma’ruf menuturkan, peran masyarakat khususnya media massa dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) sangat sentral dalam upaya bersama menentukan kualitas pemerintahan dan demokrasi.

“Kedekatan dengan penguasa ataupun tokoh berpengaruh bagi masyarakat, netralitas yang dilakukan oleh pegawai ASN akan menghasilkan kohesi sosial yang tinggi dengan masyarakat. Kepercayaan masyarakat pun akan meningkat, karena dilayani dan diperlakukan dengan adil,” pungkasnya.(jpg)