batampos.co.id – Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Batam untuk memastikan menerapkan protokol kesehatan, Kamis (8/10/2020).

Pjs Wali Kota Batam memeriksa sejumlah ruangan yang menjadi area pelayanan publik di PTSP. Selain itu ia juga mengecek fasilitas lain seperti tempat cuci tangan dan lift.

Syamsul mengatakan, sidak ini juga dilakukan untuk menjamin kantor-kantor yang bersifat pelayanan publik agar mematuhi protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Seperti ketersediaan tempat cuci tangan dan atau hand sanitizer, jarak tempat duduk, serta petugas dan pengunjung menggunakan masker.

Dari hasil sidak ini, masih ditemukan warga yang memakai masker dengan cara tidak benar.

Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Batam untuk memastikan menerapkan protokol kesehatan, Kamis (8/10/2020). Foto: Media Center Pemko Batam untuk batampos.co.id

“Masker masih dipasang di bawah dagu,” ujarnya.

Ia juga memberikan instruksi ke petugas pelayanan publik agar tidak melayani masyarakat yang
tidak memakai masker.

“Ketika ada masyarakat yang tak memakai masker jangan dilayani dulu. Kalau saat saya sidak ada yang tak bermasker tapi dilayani, petugasnya yang saya tindak,” ucap Syamsul.

Pada kesempatan itu ia juga menyarankan agar meja pelayanan diberikan plastik pembatas seluruhnya.

Karena ia menemukan masih ada meja pelayanan yang belum dibatasi plastik. Meski sebagian lain sudah diberi plastik pembatas.

Tujuan pemasangan plastik ini adalah menghindari terjadinya droplet antara petugas dan pemohon saat melakukan pelayanan.

Syamsul berharap pandemi Covid-19 segera berakhir dan kembali normal seperti sedia kala.

“Ingat jangan lalai karena pandemi belum usai,” jelasnya.(*/esa)