batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam terus memberikan pelayanan dan menjamin ketersedian air baku di Kota Batam.

Selain melakukan interkoneksi waduk Tembesi-Muka Kuning, BP Batam juga berencana akan membangun waduk bawah laut.

Direktur Badan Usaha Fasilitas dan Lingkungan BP Batam Binsar Tambunan, mengatakan, Kota Batam tidak memiliki sumber air baku selain dari air hujan.

Karena itu perencanaan pembangunan waduk bawah laut sudah dilakukan.

“BP Batam berencana membangun Dam Laut dan sudah ada dua lokasi yang sudah diselesaikan Feasibility Study (FS)nya,” kata dia baru-baru ini.

Tim BP Batam melakukan peninjauan area tangkapan air Waduk Sei Harapan. Foto: BP Batam untuk batampos.co.id

“Pertama Dam Laut di bawah Dam Duriangkang. Meliputi Pulau Tanjungsauh, Moi-moi dekat jembatan satu dan itu akan menjadi alternatif pengembangan wilayah Dam lautnya,” paparnya.

Dam Laut lainnya akan dibangun di bawah Dam Sei Gong. Menurutnya pembangunan Dam Laut dilakukan karena kebutuhan air pada tahun 2045 diperkirakan dua kali lipat dari saat ini yaitu mencapai 7500 liter/detik.

“Inilah sumber-sumber yang akan kita kembangkan dan kedepan kita bisa lanjutkan untuk mengembangkan Barelang menjadi lokomotif pembangunan indonesia karena infrastruktur air dan lingkungan harus siap,” ucapnya.(esa/adv)