batampos.co.id – Virus Covid-19 begitu cepat penyebaran. Bahkan, hanya dengan pergerakan orang saja, virus itu dapat menyerang masyarakat yang imun tubuhnya lemah.

Maka dari itu, untuk mencegah penularan, masyarakat wajib dalam penerapan protokol kesehatan 3M. Yaitu wajib memakai masker, wajib mencuci tangan dengan sabun serta wajib menjaga jarak dan hindari keramaian.

Terkait pemaikaian masker, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengungkapkan, alat kesehatan itu lah yang menjadi potensi paling besar penularan terhadap orang sekitar.

Untuk itu, dia meminta agar masker habis pakai tidak ditaruh di sembarang tempat. Sebab, hal itu akan rentan menimbulkan klaster keluarga.

“Kita ketemu sama orang-orang, ada yang bersin kena masker kita, itu kan otomatis yang paling beresiko (menularkan) masker, ketika kita pulang dari luar rumah, itu masker jangan sampai masker ditaruh di sembarang tempat,” tutur dia beberapa waktu lalu.

Ia melanjutkan, jika masker tersebut disposibel atau sekali pakai, bisa segera dibuang dengan cara mengguntingnya terlebih dahulu. Kemudian, buang ditempat sampah tertutup.

“Maskernya kalau yang disposibel ini langsung aja dipotong, masukkan tempat sampah yang tidak terekspos, tidak terpapar oleh orang lain,” imbuh dia.

Jangan sampai orang di keluarga kita terserang virus tersebut. Jadi, kalian yang sering bepergian ke luar rumah harus ingat pesan ibu untuk wajib patuhi protokol kesehatan.(jpg)