batampos.co.id – Paguyuban Kerukunan Keluarga Jakarta (KKJ) kota Batam menggelar panggung seni tradisional dan budaya Jakarta (Betawi) di Pasar Jadoel, Jambu Marina Sekupang, Minggu (11/10/2020).

Bendahara Umum KKJ Batam, Ardiansyah, mengatakan, kegiatan tersebut untuk melestarikan budaya dan kesenian tradisional tanah Betawi, melalui warga perantaunya di Kota Batam.

Kegiatan tersebut lanjutnya dilakukan atas kerjasama pihaknya dengan pengelola pasar Jadoel Jambu Marina.

Salah satu kesenian dan budaya yang ditampilkan KKJ pada kegiatan panggung seni tradisional dan budaya Jakarta (Betawi) di Pasar Jadoel, Jambu Marina Sekupang, Minggu (11/10/2020). Foto: Istimewa untuk batampos.co.id

“Dalam kegiatan tersebut kita menampilkan aneka kesenian dan budaya. Seperti arak Ondel-ondel, Tari Sirih Kuning, Tari Kicir kicir, Tari Jali-jali, Pencak Silat Betawi, Lenong Bocah, Pantun Palang Pintu dan Flash Mob Tari Ondel-ondel,” jelasnya.

Menurut Ardiansyah, kegiatan tersebut juga sebagai salah satu cara melepas kangen warga perantauan Jakarta yang tinggal di Batam.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya pihaknya untuk memberikan hiburan kepada warga Jakarta yang kangen dengan kesenian dan budaya Betawi.

Pada kesempatan itu lanjutnya juga dilaksanakan tutorial membuat jamu anti Covid-19.

“KKJ ini berdiri pada 5 April 2020 lalu dan saat ini ada 102 Kepala Keluarga (KK) dan kegiatan kita dibidang sosial dan pelestarian budaya,” tuturnya.(*/esa)