batampos.co.id – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersama pengusaha bioskop, menggelar pertemuan terkait rencana pembukaan kembali tempat hiburan atau bioskop.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan, rencana pembukaan bioskop bisa dilakukan karena kondisi Batam yang terus membaik dalam penanganan Covid-19.

“Rapat tadi (kemarin) membahas kesiapan pembukaan dalam waktu dekat ini. Semua sudah siap, karena pusat dan daerah lain juga sudah mulai buka, dalam waktu dekat ini Batam juga akan mulai beroperasi kembali,” kata Ardiwinata, Senin (12/10/2020) seperti yang dilansir dari Harian Batam Pos.

Ardi menyebutkan, pihak bioskop sudah menyiapkan langkah antisipasi dalam penangangan Covid-19 ketika pembukaan berlangsung nanti.

Pihaknya mendukung pembukaan kembali karena bakal berdampak terhadap pendapatan asli daerah (PAD).

Pengusaha tempat hiburan sudah sangat siap, termasuk dalam hal kebersihan, kesehatan, keamanan, dan ramah lingkungan.

Petugas dari Disbudpar Batam mengecek kesiapan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di salah satu bioskop di Batam, belum lama ini. Foto: Disbudpar Batam unutk Batam Pos

Pihaknya sebagai mitra juga sudah mengeluarkan kartu kendali dan pengelola bioskop juga sudah menandatangi surat pernyataan tentang pencegahan Covid-19, termasuk menyiapkan hand sanitizer, penggunaan masker dan jaga jarak di lingkungan bioskop.

”Mereka sudah memenuhi standar untuk dibuka kembali setelah ditutup sejak Maret lalu,” ujarnya.

Mengenai waktu pembukaan, Ardi menyatakan masih menunggu dari pengelola bioskop.

Hal yang terpenting saat ini semua harus siap dulu, dan bisa memberikan kenyamanan bagi penikmat film.

Bioskop sebagai salah satu tempat hiburan akan sangat membantu masyarakat menikmati waktu libur bersama keluarga dalam masa pandemi ini.

Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum, mengatakan, pembukaan bioskop harus memenuhi aturan protokol kesehatan.

Tidak saja itu, pengusaha bahkan diminta untuk mengumpulkan data pengunjung melalui foto kopi KTP. Hal ini memudahkan dalam penyisiran jika ditemukan kasus nantinya.

“Ini upaya kami dalam penanganan Covid. Boleh buka asal semua syarat terpenuhi. Menurut saya, bioskop ini salah satu untuk menghibur masyarakat yang masih menghadapi pandemi,” kata dia, Senin (12/10/2020).

Syamsul mengatakan, diperlukan aturan yang lebih ketat seperti pembatasan pengunjung untuk satu pemutaran film, pengaturan jam tayang, dan penyediaan hand sanitizer, masker dan pengaturan kursi untuk menjaga jarak.

“Kalau mereka sudah memenuhi semua, tidak ada alasan untuk melarang,” sebutnya.

Salah satu yang membuat masyarakat bisa tenang menghadapi pandemi ini adalah kebahagiaan. Pembukaan bioskop ini, dinilai bisa menjadi hiburan untuk masyarakat.

Namun demikian, baik pengunjung maupun pengelola harus tetap berpedoman kepada protkes.

“Kalau ada yang melanggar, nanti kita suruh tutup lagi. Nanti tim akan turun juga mengecek saat pembukaan bioskop,” tambahnya.

Santi, 25, salah satu warga Batam yang antusias atas rencana pembukaan bioskop kembali.

Menurutnya, menonton di bioskop merupakan salah satu cara untuk mengisi waktu liburan.

“Semangat pastinya, karena sudah suntuk juga karena pandemi Covid-19,” katanya.(jpg)