batampos.co.id – Apple pada Selasa (13/10) waktu setempat atau Rabu (14/10) dini hari tadi resmi meluncurkan seri iPhone 12 terbarunya. Peluncuran perangkat terbaru Apple dengan teknologi 5G ini sangat dinantikan pencinta gadget seantero dunia karena berbagai fitur terbarunya akan memanjakan para penggunanya.

Greg Joswiak, Wakil Presiden Senior Pemasaran Seluruh Dunia Apple menyampaikan, kedatangan 5G menandai awal era baru iPhone yang dengan senang hati dapat menghadirkan kemampuan baru yang mengesankan ini kepada pelanggan melalui perangkat iPhone 12 dan iPhone 12 mini.

“Kami sekali lagi mendorong batasan untuk menghadirkan kemajuan fotografi komputasi yang luar biasa, layar Super Retina XDR, dan lompatan terbesar dalam daya tahan dalam sejarah iPhone dengan sampul depan Ceramic Shield baru,” ungkapnya di acara peluncuran virtual lini terbaru iPhone pada Rabu (14/10) dini hari.

Tersedia dalam dua ukuran besar, iPhone 12 dan iPhone 12 mini disebut membawa desain ke tingkat yang baru dalam faktor bentuk baru yang lebih indah sekaligus tahan lama. Kehadiran model anyar ini juga dikatakan semakin memudahkan pelanggan untuk menemukan iPhone yang sesuai dengan gaya hidup mereka.

Untuk spesifikasinya, dimulai dari area layar, kedua perangkat tersebut seperti namanya hadir dalam dua pilihan ukuran layar. IPhone 12 reguler hadir dengan layar Super Retina XDR 6,1 inci dan pada iPhone 12 mini memiliki ukuran yang lebih mungil dengan 5,4 inci.

Masih di area visual, model iPhone 12 yang baru ini diklaim Apple telah dirancang untuk menampilkan pengalaman visual yang memukau dengan edge-to-edge yang luas. Selain itu, iPhone 12 anyar juga hadir dengan perlindungan depan dengan Ceramic Shield baru, memberikan lonjakan daya tahan terbesar yang pernah ada di iPhone.

Untuk urusan dapur pacu, chipset A14 Bionic rancangan Apple dan disebut sebagai chip tercepat di smartphone hadir menopang kinerja perangkat iPhone generasi anyar ini. Bedanya dengan chip di model sebelumnya adalah, pada model kali ini sudah mendukung 5G.

Mendukung setiap pengalaman di iPhone 12 dan iPhone 12 Mini termasuk untuk urusan fotografi, kedua perangkat ini hadir dengan fitur kamera yang terbilang menggoda. Di punggungnya, terdapat dua kamera yang ditampung dalam modul persegi alias square dan terdiri dari kamera utama 12 MP (f/1.6, wide) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.4, berbidang pandang 120 derajat).

Sementara di area layarnya yang masih menggunakan konsep notch atau takik, iPhone 12 dan 12 Mini membawa ukuran kamera yang sama juga. Ukuran kameranya yakni 12 MP.

iPhone 12 mini hadir dalam tiga varian memori internal, yakni 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Ada lima warna yang bisa dipilih, yakni Black, White, PRODUCT (Red), Blue, dan Green. Sementara untuk iPhone 12 reguler dibekali dengan spesifikasi yang nyaris sama persis dengan iPhone 12 mini dengan pembeda terletak pada ukuran layar saja yakni 6,1 inci.

Pre-order untuk iPhone 12 di beberapa pasar Apple termasuk di Amerika akan dibuka mulai Jumat 16 Oktober besok dengan ketersediaan mulai Jumat, 23 Oktober mendatang. IPhone 12 mini akan tersedia untuk praorder mulai Jumat, 6 November, dan di toko-toko mulai Jumat, 13 November.

IPhone 12 dan iPhone 12 mini akan tersedia dalam model 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. Masing-masing harga dari perangkat iPhone 12 dan iPhone 12 Mini akan ditawarkan mulai dari USD 799 atau berkisar Rp 11,8 jutaan dan USD 699 atau setara dengan Rp 10,3 jutaan.(jpg)