Kamis, 25 April 2024

Ini 5 Gejala Lain Covid-19

Berita Terkait

batampos.co.id – Pasien Covid-19 biasanya memiliki gejala yang khas seperti batuk, sesak napas, dan demam.

Tapi sebagian pasien juga mengalami gejala lainnya akhir-akhir ini yang tidak umum didengar atau tidak diketahui banyak orang.

Dilansir dari Medical Daily, Selasa (13/10/2020), sejumlah pasien melaporkan gejala lain yang belum pernah diketahui banyak orang. Apa saja?

1. Rambut rontok

Meski alasannya tidak dipahami, rambut rontok merupakan gejala lain Covid-19. Ini mungkin terkait dengan stres yang dialami tubuh saat melawan infeksi menurut sebuah artikel di The New York Times. Namun, rambut rontok bisa disebabkan oleh banyak hal, selain virus, dan bisa juga karena stres akibat pandemi atau masalah pribadi.

2. Mata Merah (Konjungtivitis)

Dokter telah memperhatikan bahwa Covid-19 dapat menyebabkan mata merah. Mata merah atau konjungtivitis adalah infeksi virus atau bakteri yang menular di konjungtiva mata, selaput yang menutupi bola mata dan garis kelopak mata. Masalah mata lainnya bisa termasuk pembuluh darah merah yang terlihat di bagian putih mata, kelopak mata bengkak dan robekan berlebihan.

3. Kebingungan

The Mayo Clinic mengatakan bahwa orang tua dengan Covid-19 dapat menjadi bingung, atau disorientasi yang dapat memburuk. Kondisi ini rentan terjadi pada lansia.

4. Ruam atau Perubahan Warna Kulit

Lebih umum di antara orang yang lebih muda, gatal-gatal bisa muncul di tangan atau kaki seseorang dengan Covid-19. Perubahan warna juga bisa muncul di kulit. Faktanya, ruam keunguan yang tidak biasa yang berkembang sebagian besar di sekitar jari kaki. Menurut Penn Medicine, ini biasanya terjadi pada kasus-kasus ringan.

5. Nyeri perut

Penyakit Covid-19 disebabkan oleh virus pernapasan yang menyerang paru-paru. Tetapi para peneliti telah menemukan bahwa virus mempengaruhi banyak sistem tubuh termasuk usus atau sistem pencernaan. Beberapa penderita penyakit Covid-19 mengalami diare dan muntah sebelum gejala lain muncul.(jpg)

Update