batampos.co.id – Bank Indonesia (BI) menyebut kegiatan dunia usaha kian membaik pada triwulan III 2020 dibanding triwulan sebelumnya. Hal itu berdasarkan Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) pada seluruh sektor ekonomi.

Kepala Departemen Komunikasi Onny Widjanarko menjelaskan, hal ini tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pada triwulan III 2020 yang sebesar -5,97 persen. Angka tersebut membaik dari -35,75 persen pada triwulan II 2020.

“Perbaikan kegiatan usaha terjadi pada seluruh sektor ekonomi,” ujarnya mengutip website resminya, Rabu (14/10).

Adapun perbaikan kegiatan usaha tersebut diantaranya pada sektor Industri Pengolahan, sektor Perdagangan, Hotel & Restoran, sektor Pengangkutan & Komunikasi dan sektor Keuangan, Real Estate & Jasa Perusahaan didukung oleh penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di berbagai wilayah.

“Sementara itu, perbaikan pada sektor Pertanian, Kehutanan & Perikanan didukung oleh cuaca,” imbuhnya.

Sejalan dengan kinerja kegiatan usaha, lanjutnya, kapasitas produksi terpakai dan penggunaan tenaga kerja pada triwulan III 2020 tercatat lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan sebelumnya. Sementara itu, kondisi keuangan dunia usaha dari aspek likuiditas dan rentabilitas juga menunjukkan perbaikan pada triwulan III 2020, dengan akses kredit yang membaik.

Pada triwulan IV 2020, responden memprakirakan kegiatan usaha akan mencatat kinerja positif dengan SBT sebesar 2,12 persen. Berdasarkan sektor ekonomi, peningkatan terjadi pada mayoritas sektor ekonomi, terutama sektor Keuangan, sektor Real Estate & Jasa Perusahaan, sektor Perdagangan, Hotel & Restoran, dan sektor Pengangkutan & Komunikasi.

“Kegiatan usaha yang makin kuat pada triwulan IV 2020 sejalan dengan optimisme penerapan AKB yang dapat mendorong permintaan masyarakat,” tutupnya.(jpg)