batampos.co.id – Pemko Batam terus mengimbau masyarakat untuk mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari guna mencegah penyebaran Covid-19.

Sekdako Batam, Jefridin Hamid, mengatakan, hingga saat ini belum ada vaksin untuk mengatasi virus tersebut.

“Maka satu-satunya cara adalah memutus mata rantai penularannya,” ucap Jefridin, Jumat (16/10/2020).

Ia menyebutkan, penularan virus tersebut terjadi antar manusia. Maka dari itu hal yang paling efektif utuk mencegah penyebaran Covid-19 sembari menunggu vaksin adalah menerapkan protokol kesehatan.

“Minimal empat hal yang perlu dilakukan yaitu teratur. Yakni memakai masker, sering mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan hindari kerumunan,” terang dia.

Kasat Pol PP Kota Batam, Salim, memasangkan masker kepada salah seorang anak. Tim terpadu terus melakukan sosialisasi terkait protokol kesehatan dan langsung memberikan sanksi apabila ada warga yang ditemukan tidak mematuhi aturan terkait protokol kesehatan. Foto: Salim unutk batampos.co.id

Selain itu, ada dua hal lainnya yang perlu dilakukan. Yakni senantiasa meningkatkan imun dengan rajin berolahraga.

Selanjutnya yakni menjaga batin dengan menjauhi segala bentuk ‘penyakit’ hati, seperti dengki, angkuh, hasud dan lain-lain.

“Insha Allah dengan menjaga dua hal ini (kesehatan fisik dan batin, red), kita akan dijauhkan dari penyakit ini merupakan ikhtiar kita, tapi jika takdirnya lain itu urusan Allah SWT,” ucap dia.

Sementara itu, Ara warga Kota Batam menyatakan, menggunakan masker menjadi hal yang wajib baginya.

Ia menjelaskan, masker merupakan tameng utama untuk mencengah diri seseorang tertular Covid-19.

“Sekarang setiap keluar rumah saya selalu menggunakan masker. Bahkan ke warungpun saya pakai masker,” ujarnya.(*/esa)