Kamis, 25 April 2024

Cerita Dokter Sri Rupiati Sembuh dari Covid-19

Berita Terkait

batampos.co.id – Jangan stres, inilah kata pertama yang terucap oleh Dr.Sri Rupiati saat dijumpai di ruang kerjanya, Jumat 16/10) pagi. Tumpukan berkas terlihat di atas meja kerja perempuan yang saat ini menjabat wakil direktur RSUD Embung Fatimah, Batam, Kepulauan Riau ini.

Rumah sakit tempatnya bekerja merupakan salah satu tempat yang ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan bagi penanganan pasien Covid-19 di Kota Batam. Hal ini pula yang membuat dia menjadi dekat dan bersentuhan langsung dengan persoalan yang berhubungan dengan pasien positif Covid-19.

Ia menceritakan banyak hal yang bisa dipelajari ketika menjadi salah satu pasien positif. Salah satunya tidak mudah stres. Menurutnya jika tingkat stres meningkat bisa menyebabkan virus mudah masuk ke dalam tubuh. Hal ini yang coba ia lakukan selama mendapatkan perawatan.

”Awalnya karena saya merasa tidak enak badan, lalu saya cek dan hasilnya positif. Karena sudah terbiasa dengan keadaan, saya berusaha tidak stres,” ujarnya dilansir Harian Batam Pos.

Sri menceritakan awal ia terpapar virus ini dari rekan kerjanya yang sudah terlebih dahulu dinyatakan positif. Waktu itu, tenaga medis cukup banyak yang dinyatakan positif. Tenaga medis menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Setelah dinyatakan sembuh, ia berusaha memberikan edukasi kepada keluarga, rekan kerja, hingga orang terdekat agar bisa melindungi diri dari penularan Covid-19. Mematuhi protokol kesehatan merupakan hal utama agar bisa terhindar dari paparan virus ini.

Meskipun selama ini sudah menjalankan protokol kesehatan, namun ia mengaku perlu peningkatan lagi. Ia juga mengkampanyekan penerapan 3M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan guna memutus penyebaran Covid-19. (*/jpg)

Update