Jumat, 29 Maret 2024

Data Peserta BPJS Kesehatan Digunakan untuk Penyaluran Vaksin Covid-19

Berita Terkait

batampos.co.id – Data peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan digunakan untuk mendistribusi vaksin Covid-19.

Sekretaris Eksekutif Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Raden Pardede, menjelaskan, vaksinasi Covid-19 secara gratis akan difokuskan pada kelompok masyarakat menengah ke bawah.

“Dalam vaksinasi akan dibagi dua. Ada kelompok masyarakat yang diberikan gratis, ada yang mandiri,” ujarnya dalam webinar yang digelar BPJS Kesehatan bertajuk “Peran Jaminan Sosial Kesehatan di Era Covid-19” secara daring, Kamis (22/10/2020).

Ia mengatakan, untuk masyarakat menengah ke atas diharapkan dapat membayar sendiri vaksin Covid-19 apabila sudah resmi disalurkan oleh pemerintah.

Pegawai BPJS Kesehatan Cabang Kota Batam saat melayani masyarakat yang ingin menjadi peserta JKN-KIS. Pelayanan di kantor BPJS Kesehatan Kota Batam menerapkan protokol kesehatan dengan menyediakan hand sanitizer dan pembatas berupa mika. Foto: Messa Haris/batampso.co.id

“Data yang digunakan untuk mengklasifikasikan kelompok menengah ke bawah diambil dari data peserta BPJS Kesehatan PBI atau Penerima Bantuan Iuran,” tuturnya.

Namun, lanjutnya, pemerintah saat ini sedang melakukan filtrasi. Karena banyak masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dengan pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Kami sedang memfilter datanya. Spiritnya, kita akan memberikan gratis pada kelompok menengah ke bawah,” terang dia.

Berdasarkan data, jumlah peserta BPJS PBI yang dibiayai oleh APBN saat ini adalah 96,6 juta jiwa. Sedangkan peserta yang dibiayai oleh APBD saat ini berjumlah 35,1 juta jiwa.(esa)

Update