batampos.co.id – Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum, menyampaikan selamat dan sukses kepada seluruh santri yang ada di Kota Batam pada peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober.

Peringatan hari santri tahun ini secara khusus mengusung tema Santri Sehat Indonesia Kuat.

“Selamat Hari Santri Nasional 22 Oktober 2020,” kata Syamsul saat membuka acara peringatan Hari Santri Nasional tingkat Kota Batam, Kamis (22/10/2020).

Dalam kesempatan itu, Syamsul membacakan sambutan Menteri Agama Fachrul Razi. Di mana isu kesehatan diangkat berdasarkan fakta bahwa dunia internasional, tak terkecuali Indonesia, saat ini tengah dilanda Pandemi covid-19.

“Tema ini merupakan jawaban dari komitmen kita bersama dalam mendorong kemandirian dan kekhasan pesantren,” katanya.

Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum, berfoto bersama dengan FKPD dan perwakilan santri di Kota Batam pad aperingatan Hari Santri Nasional. Foto: Media Center Pemko batam untuk batampos.co.id

Pemerintah yakin bahwa jika santri dan keluarga besar pesantren sehat, bisa melewati pandemi covid-19 dengan baik.

“Insya Allah, negara kita juga akan sehat dan kuat,” katanya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, tujuh bulan masa pandemi, banyak pesantren yang telah berhasil melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan dampak penyebaran Covid-19.

“Ini menjadi bukti nyata bahwa pesantren juga memiliki kemampuan di tengah berbagai keterbatasan fasilitas yang dimiliki,” katanya.

Khusus di Kota Batam Syamsul mengatakan akan melakukan pendataan seluruh pesantren yang ada di Kota Batam.

Ke depan pemerintah akan berupaya untuk membantu dalam hal anggaran agar pesantren di Batam bisa terus berkembang.

“Saya minta seluruh Camat untuk melakukan pendataan, sehingga ada database mulai dari pemilik, yayasan, legalitas lahannya sampai juga jumlah santrinya,” katanya.(*/esa)