Rabu, 24 April 2024

Warga Batam! Ini 12 Hal Baru saat Nyoblos di TPS Nanti

Berita Terkait

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) KotaBatam terus berupaya mengantisipasi penularan virus Covid-19 di Pilkada 2020. Diantaranya dengan membatasi pengumpulan massa pada saat kampanye. Termasuk saat proses pemungutan suara 9 Desember mendatang.

Komisioner KPU Kota Batam, William Seipatiratu mengatakan, pada pemungutan suara 9 Desember nanti akan ada 12 hal baru yang disepakati untuk ditetapkan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ini mengingat pilkada 2020 ditengah pendemi.

Adapun ke-12 hal baru yang harus diterapkan itu adalah, semua pihak wajib memakai masker, area TPS disemprot disinfekan secara berkala semua pihak wajib diukur suhu tubuh, tinta ke jari pemilih ditetes bukan celup, petugas KPPS memakai alat pelindung diri seperti masker, baju hasmat dan faceshield. Wajib menyediakan Tersedia sarana cuci tangan di setiap TPS dan semua pihak wajib pakai sarung tangan.

”Wajib dijalankan karena aturannya mengacu pada protokol Covid-19. Saat ini kami tengah mensosialisasikan ke petugas PPK, PPS, KPPS dan termasuk juga kepada masyarakat,” kata William, Rabu (21/10).

Ia menambahkan, selain itu setiap TPS wajib menyediakan handsanitizer, semua pihak wajib jaga jarak di TPS minimal satu meter. Pemilih datang ke TPS sesuai waktu yang tertera diundangan. Pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37,30 akan mencoblos di bilik khusus. Terakhir semua pihak dilarang melakukan kontak fisik di area TPS.

”Kita sudah mulai sosialisasikan ke petugas PPK, PPS, KPPS. Termasuk juga masyarakat akan kita sampaikan. Sehingga ke depan 12 hal di TPS baru ini benar-benar bisa dijalankan ,” sebut William.

Disinggung apakah sosialisasi seperti ini melibatkan iklan di media? William menjawab, pihak KPU saat ini masih menghitung ketersediaan anggaran. ”Kalau iklan ke media saya belum tau pasti. Tapi kami kan sering diundang untuk talkshow di radio itu juga kami sampaikan. Yang jelas kami akan hitung ketersediaan anggaran saat ini. Kalau itu dirasa mencukupi maka kita juga akan gandeng media sosial,” pungkasnya.(*/jpg)

Update