batampos.co.id – Saat memasuki usia 40 tahun, fungsi tubuh memang tak seperti saat muda. Tapi jika menjalani pola hidup sehat, penampilan awet muda bukanlah hal yang mustahil. Salah satunya dengan menjalani diet sehat.

Diet memang banyak dilakukan agar tubuh lebih sehat dan memiliki bentuk badan proporsional. Ketika bicara diet, seseorang tak hanya perlu memerhatikan asupan makanannya. Tapi juga kegiatan penunjang lainnya agar tubuh tetap sehat. Jika Anda merasa tidak terlihat bugar dan sehat pada usia 40 tahun, cobalah beberapa tips sehat ini ala Ahli Gizi dari India, Pooja Banga seperti dilansir dari Pink Villa, Kamis (22/10).

1. Sarapan

Jangan lewatkan sarapan. Sarapan sangat penting karena metabolisme tubuh kita melambat 2 persen setiap dekade. Makan di awal hari bekerja dengan metabolisme yang mencapai puncaknya di pagi hari dan memicu aktivitas. Selain itu, perempuan yang sarapan pagi kehilangan lebih banyak berat badan dan mempertahankan penurunannya lebih efisien dibandingkan dengan mereka yang menjalani diet rendah karbohidrat.

2. Latihan

Bukan tidak mungkin masalah seperti nyeri sendi, sakit punggung, dan lainnya akan muncul saat usai 40-an. Hal itu seharusnya tidak menghalangi seseorang untuk mulai berolahraga. Jenis olahraga apa pun dapat dirancang untuk tubuh.

Latihan 30 menit memberi metabolisme dorongan yang dibutuhkan. Tidak perlu bergabung dengan gym. Squat sederhana untuk otot paha dan perut akan membantu memperkuat tulang, menjaga keseimbangan dan juga menghindari cedera, yang menjadi semakin penting saat usia bertambah.

3. Konsumsi kalsium dan vitamin D

Penting untuk menjaga tulang yang kuat agar dapat meningkatkan asupan vitamin D dan kalsium. Makanan seperti salmon dan susu kaya akan vitamin D dan kalsium. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen, jika perlu.

4. Kelola stres

Bagi seorang perempuan, memegang pekerjaan ganda sekaligus mengurus keluarga, tidaklah mudah. Stres dapat mengakibatkan perubahan yang tidak sehat pada tubuh seperti libido rendah, tekanan darah meningkat dan kematian sel lebih cepat.

Ini bisa menyebabkan penuaan lebih cepat. Karenanya meditasi dapat membantu mengatasi stres dan tekanan. Selain itu, untuk menjaga detak jantung yang sehat, bernapaslah melalui hidung selama empat detik dan keluarkan selama delapan detik setidaknya dua kali sehari atau kapan pun merasa stres.

5. Makan protein untuk meningkatkan mood

Jika mood cenderung rendah, tingkatkan asupan protein dalam makanan. Makan makanan yang kaya protein meningkatkan tingkat sel pengangkat suasana hati di otak, yang dapat membantu mengatasi depresi dan ingatan yang buruk. Makanan seperti telur, ikan, dan quinoa adalah sumber protein yang kaya sehingga membantu meningkatkan produksi serotonin di otak dan meningkatkan mood.

6. Hindari junk food

Hindari makan makanan kemasan dan junk food karena kaya akan lemak serta gula. Makan buah dan sayuran yang sehat. Pilihlah makanan dan minuman segar.

7. Berkumpul bersama teman

Pastikan bergaul dengan teman-teman. Ini tidak hanya membuat rileks tetapi juga meningkatkan keceriaan dan mengurangi stres. Kehidupan sosial yang baik akan mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

8. Jadwalkan cek kesehatan

Ini adalah periode di mana pemeriksaan kesehatan sangat diperlukan. Pemeriksaan penting seperti tes mata, mammogram, tekanan darah, tiroid, kolesterol dan pemeriksaan serviks untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.(jpg)