batampos.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas telah menyalurkan 372 kuota beasiswa reguler umum di tahun 2020. Beasiswa itu diberikan kepada mahasiswa-mahasiswi Kepulauan Anambas yang melanjutkan pendidikan tinggi di luar daerah.

“Bantuan diberikan di semester ganjil, satu kali setahun. Ada tipe penerima beasiswa, berdasarkan peningkatan prestasi akademik akreditasi jurusan program studi,” ucap Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Anambas, Nurman, saat dikonfirmasi Batam Pos Online, Senin (26/10/2020).

Lanjut Nurman menjelaskan untuk akreditasi jurusan program studi tipe A, mahasiswa tersebut menerima Rp 3,5 juta, tipe B Rp 2,5 juta, tipe C Rp 2 juta, dan skripsi Rp 2 juta. Semua itu sudah dicairkan bulan Juli lalu.

Adapun jumlah penerima beasiswa itu yang telah dicairkan setiap mahasiswa untuk Rp 3,5 juta sebanyak 40 orang, kemudian Rp 2,5 juta sebanyak 238 orang, penerima Rp 2 juta sebanyak 61 orang. Sedangkan prestasi akademik penelitian atau skripsi penerima sebanyak 33 orang. Total anggaran yang telah dicairkan menelan anggaran Rp 923 juta.

Seperti diketahui sebelumnya Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas menganggarkan beasiswa tersebut di tahun 2020 sebesar Rp 1,2 miliar. Beasiswa tersebut dapat diterima oleh mahasiswa-mahasiswi yang sedang menjalani pendidikan dengan syarat yang telah ditentukan berdasarkan SK Bupati Kepulauan Anambas.

“Syarat yang bisa kita longgarkan itu sebelumnya, surat dari dekan kampus, karena kampus tutup akibat pandemi Covid-19,” kata Nurman. (fai)