batamposco.id – Minum kopi di pagi hari menjadi kewajiban bagi sebagian orang. Selain bisa meningkatkan mood, kopi juga bisa memberikan energi dan semangat agar aktivitas lebih fokus.

Namun, jangan lupa sarapan lebih dulu. Sebab, penelitian baru-baru ini menyebutkan jika minum kopi sebelum sarapan bisa meningkatkan kadar gula darah.

Sebuah studi baru di British Journal of Nutrition menemukan bahwa minum kopi hitam sebelum sarapan dapat mengacaukan kadar gula darah. Ini mungkin sangat bermasalah bagi orang dengan gangguan toleransi glukosa atau diabetes.

Akademisi Harry Smith, Ph.D, dari University of Bath di Inggris dan penulis utama laporan ini, menjelaskan berdasarkan temuan, lebih baik sarapan lebih dulu sebelum minum kopi. Jangan lupa berikan jeda sampai makanan selesai dicerna.

“Sehingga bisa menghindari persilangan antara efek metabolik kafein dan respons metabolik saat sarapan,” kata Harry seperti dilansir dari Health Central, Senin (26/10).

Kafein adalah stimulan, zat yang mempercepat proses di tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat menurunkan berat badan, karena bisa meningkatkan metabolisme dan menekan nafsu makan. Efek kopi pada diabetes dan pradiabetes memang masih butuh penelitian lebih lanjut.

“Dalam praktik klinis, kami melihat beberapa pasien bereaksi terhadap asupan kopi dengan lonjakan glukosa yang signifikan, sementara yang lain hanya memiliki sedikit atau tidak berpengaruh,” kata Direktur Medis dari University of Maryland Center for Diabetes & Endokrinologi di UM Medical Center Midtown Campus di Baltimore, Kashif M. Munir, MD.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa gen yang disebut CYP1A2, muncul dalam variasi yang berbeda pada orang yang berbeda. Hal inilah yang mungkin berperan dalam kecepatan tubuh seseorang memetabolisme kopi.

Ada penjelasan lain mengapa kopi meningkatkan gula darah. Kadar glukosa darah setiap orang sedikit lebih tinggi di pagi hari untuk memberi energi pada tubuh. Munir menjelaskan bahwa peningkatan resistensi insulin dikombinasikan dengan efek stimulan dari kafein bisa menjadi pemicunya. Hal itu jadi alasan peserta studi British Journal of Nutrition mengalami lonjakan gula darah yang lebih tinggi dari biasanya setelah makan pagi.

Para peneliti menyarankan tips minum kopi untuk tetap menjaga agar gula darah tetap terkendali. Apa saja?

1. Nikmati kopi bersama sarapan

Cara ini akan memungkinkan tubuh memproses kafein, pada saat yang sama memproses makanan padat yant mengandung kalori. Namun, pendekatan ini mungkin bukan solusi yang sangat mudah.

“Apakah minum kopi setelah sarapan atau menggunakan krim bisa membuat perbedaan dalam kadar glukosa? masih belum diketahui,” kata Munir.

2. Tetap gunakan pemanis bebas gula

Suka minuman manis di pagi hari? Waspadalah terhadap krim kopi beraroma yang dapat meningkatkan gula darah. Edukator diabetes Angela Ginn-Meadow, di Pusat Diabetes & Endokrinologi Universitas Maryland di Kampus UM Medical Center Midtown di Baltimore mengingatkan pasien harus melihat bagaimana pilihan kopi memengaruhi gula darah mereka.

“Pantau gula darah sebelum minum kopi dan kemudian dua jam setelahnya,” saran Ginn-Meadow.

“Jika itu berdampak signifikan, coba ubah kandungannya atau takarannya,” tegasnya.

3. Coba kopi rendah kafein

Ketagihan kopi super kental? Mungkin sudah waktunya untuk mengubah kebiasaan. Cobalah perlahan-lahan mengurangi konsumsi kafein harian Panduan Diet USDA, maksimal adalah 400 mg kopi per hari, atau sekitar empat cangkir. Tetapi setiap orang berbeda.

4. Sadari alarm tubuh

Tidak ada rutinitas minum kopi yang sempurna untuk semua orang. Setiap tubuh orang tak sama. Jika secangkir kopi pagi membuat Anda merasa cemas, lelah, atau pusing, artinya cobalah mengganti waktu untuk tidak minum kopi di pagi hari. (jpg)