batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam resmi mengoperasikan pompa air baku di waduk Tembesi-Muka Kuning untuk menjamin ketersediaan air bersih di Kota Batam.

Plh Kepala BP Batam, Purwiyanto, mengatakan, waduk Tembesi mampu mensuplai air baku ke Muka Kuning hingga 600 liter/detik.

“Maksimum waduk Tembesi bisa mensuplai air baku ke waduk Muka Kuning hingga 720 liter/detik,” ujarnya, Selasa (27/10/2020).

Ia menjelaskan, Waduk Tembesi ke Muka Kuning memiliki jarak hampir 3,6 kilometer (KM). Dengan selesainya pembangunan pompa tersebut kata dia, air baku di waduk Muka Kuning yang awalnya kekurangan bisa kembali tercukupi.

“Selain itu waduk Tembesi yang selama ini belum terpakai kini sudah bisa dipakai dan pelayanan air bersih di Batam insya allah akan semakin baik,” tuturnya.

Plh Kepala BP Batam, Purwiyanto, mengecek pompa dan pipa di waduk Tembesi yang akan mengalirkan air baku ke waduk Muka Kuning. Foto: Messa Haris/batampos.co.id

Pihaknya juga akan membangun instalasi pengolahan air (IPA) di Muka Kuning dengan kapasitas 350 liter per detik.

Purwiyanto menegaskan, dengan beroperasinya waduk Tembesi dapat mencukupi kebutuhan air bersih untuk warga Kota Batam hingga lima tahun kedepan.

Selain itu pihaknya juga akan terus melakukan normalisasi terhadap waduk-waduk yang mengalami pendangkalan.

“2020-2024, air akan menjadi hal yang prioritas dan kita akan bersinergi dengan PU (Kementerian PUPR,red) dalam hal normalisasi waduk,” tuturnya.

Selain itu pihaknya berharap, agar warga Kota Batam dapat menghemat penggunaan air bersih dan bersama-sama menjaga Daerah Tangkapan Air (DTA).

BP Batam lanjutnya juga akan melakukan penambahan air baku dengan mengalirkan air hujan yang sebelumnya terbuang ke laut, dapat dialirkan ke dalam waduk.

Sehingga kata dia, ketersediaan air baku di Kota Batam akan lebih terjamin dan suplai air bersih untuk warga Kota Batam akan menjadi lebih baik.(esa/adv)