batampos.co.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, tema utama pendidik Indonesia pada 2021 akan fokus pada digitalisasi sekolah. Dikatakan Nadiem, tema itu dipengaruhi besar oleh kondisi pandemi Covid-19 yang memaksa dunia pendidikan untuk membatasi kegiatan sekolah dan belajar dari rumah. Apalagi, menurutnya pada 2021 Covid-19 belum mereda.

“Jadi tahun depan digitalisasi sekolah akan jadi tema utama,” terangnya dalam webinar Cerita di Kemenkeu Mengajar, Senin (26/10).

Untuk itu, digitalisasi diperlukan demi mengoptimalkan pengajaran di tengah pandemi. Pemanfaatan teknologi pun menjadi masif demi keberlangsungan dunia pendidikan dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Untuk itu, pihaknya berencana menyediakan gawai dan laptop untuk menunjang PJJ. “Di mana persiapan semua sekolah mempunyai gawai, laptop-laptop untuk mengerjakan PJJ,” jelasnya.

Tak hanya saat pandemi, tentunya teknologi akan menjadi kebutuhan di masa-masa mendatang. Harapannya, penyediaan gawai dan laptop ini bisa menunjang kualitas pengajaran para pendidik, maupun hak mendapatkan pendidikan bagi peserta didik.

“Untuk inventeris sekolah, untuk guru mendapatkan pelatihan-pelatihan terbaik, pelatihan kurikulum dan lain-lain,” tutup Nadiem.(jpg)