Jumat, 29 Maret 2024

Sebentar Lagi Indonesia Punya Bank Syariah ‘Raksasa’

Berita Terkait

batampos.co.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, perbankan syariah raksasa hasil penggabungan tiga bank syariah BUMN yakni Bank Syariah Mandiri (BSM), BRI Syariah, dan BNI Syariah sedang dalam proses.

“Nantinya semua aset bank syariah milik negara akan dilebur menjadi satu untuk melahirkan bank syariah raksasa,” ujarnya secara virtual, Rabu (28/10).

Jokowi menegaskan, pemerintah memiliki perhatian besar untuk mendorong keuangan syariah di Indonesia. Salah satunya dengan membentuk perbankan syariah terbesar di tanah air.

“Pemerintah memiliki concern besar untuk membangkitkan bank syariah raksasa ini. Salah satunya dengan membangun satu bank syariah terbesar di Indonesia,” imbuhnya.

Jokowi menjelaskan, saat ini ketiga bank syariah tersebut memiliki total aset sebesar Rp 214 triliun. Jumlah tersebut merupakan angka yang sangat besar.

“Total aset 3 bank syariah BUMN yaitu BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan BNI Syariah sampai semester pertama 2020 adalah Rp 214 triliun. Sebuah angka yang besar,” ucapnya.

Seperti diketahui, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan, proses penggabungan ini telah dimulai dan diharapkan bisa beroperasi penuh pada kuartal-I 2021. “Penandatanganan penggabungan telah dimulai dan diharapkan bisa beroperasi penuh pada Februari 2021,” ucapnya.(jpg)

Update