batampos.co.id – Simpul-simpul transportasi pada masa libur panjang memang tampak menggeliat. Misalnya, lalu lintas penerbangan di bandara-bandara PT Angkasa Pura II. Bahkan, Rabu lalu (28/10) rekor harian tertinggi dicetak pada masa pandemi Covid-19.

Pada tanggal tersebut, jumlah penumpang pesawat di 19 bandara yang berada di bawah naungan AP II mencapai 110.530 orang dengan 1.069 penerbangan. Itu melebihi penerbangan tertinggi sebelumnya pada 23 Agustus lalu. Waktu itu jumlah penumpang tercatat 95.000 orang dengan 1.045 penerbangan.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menyatakan, ramainya lalu lintas penerbangan pada 28 Oktober dapat ditangani dengan baik. Menurut dia, pelayanan berjalan sesuai dengan standar dan protokol kesehatan dapat dijalankan.

’’Tingginya jumlah penumpang pesawat ini menandakan bahwa masyarakat tidak ragu untuk naik pesawat di tengah pandemi,’’ ucapnya kemarin. Itu mengindikasikan bahwa kepercayaan masyarakat sudah membaik. Melihat tren lalu lintas penerbangan saat ini, dia yakin penerbangan rute domestik akan pulih lebih cepat ketika Indonesia sudah memulai program vaksinasi Covid-19.

Di tempat lain, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Stasiun Pasar Senen dan Terminal Kampung Rambutan kemarin. Budi tak hanya memastikan kelancaran moda transportasi. Dia juga memantau penerapan protokol kesehatan. ’’Saya apresiasi KAI dan pengelola Terminal Kampung Rambutan yang konsisten menerapkan protokol kesehatan,’’ ucap Budi.

Pada Rabu hingga kemarin, PT KAI Daop 1 Jakarta memberangkatkan total 9.563 penumpang. Tujuan favorit penumpang kereta api pada masa libur panjang ini, antara lain, Jogjakarta, Purwokerto, dan Bandung.(jpg)