batampos.co.id – Ketua DPW Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI) Provinsi Kepulauan Riau, Johannes Tarigan, melantik kepengurusan MUKI Kota Tanjungpinang periode 2020-2025. Pelantikan dihadiri sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat se-Kota Tanjungpinang.

”Puji syukur kepada Tuhan, dalam bulan pertama kepemimpinan kami di Kepulauan Riau, telah berhasil melantik satu DPD MUKI, yakni DPD Kota Tanjungpinang. Kehadiran MUKI di Kepri akan meningkatkan peran umat, khususnya umat Kristen, dalam memperkuat tali kasih serta hubungan sosial antar umat beragama,” kata Ketua MUKI Kepri Johannes Tarigan, Sabtu (31/10/2020)

MUKI Kepri berterimakasih kepada Pemko Tanjung Pinang, khususnya Wali Kota Tanjung Pinang, Rahmah, atas dukungan nyata dalam deklarasi dan pelantikan MUKI Tanjung Pinang.

Acara pelantikan dilakukan di Gedung Aula Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjung Pinang, dan dihadiri sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, serta unsur pimpinan di Pemko Tanjung Pinang.

Hampir semua pengurus organisasi keagamaan ikut hadir dalam pelantikan, termasuk para pimpinan Aras Gereja se-Tanjung Pinang.

Wadah MUKI sebagai organiasi kemasyarakatan (Ormas) dinilai tepat hadir di Tanjungpinang, mengingat kota itu sebagai ibu kota Kepri yang didiami oleh seluruh umat beragama.

Ketua DPW MUKI Kepri, Johannes Tarigan, menyerahkan bendera pataka kepada Ketua DPD MUKI Kota Tanjungpinang, dalam rangkaian pelantikan DPD MUKI Kota Tanjung Pinang. Foto: Istimewa untuk batampos.co.id

”Sebagai bagian dari umat beragama, kalangan Umat Kristen merindukan kehadiran MUKI untuk menggerakkan kerjasama organisasi di internal umat Kristen, serta antar umat beragama, agar saling tolong menolong di bidang kewira-usahaan, partisipasi sosial, serta aktualisasi keadilan dalam bentuk advokasi dalam berbagai masalah hukum,” jelas Johannes.

DPD MUKI Kota Tanjungpinang dipimpin oleh Johan Siringoringo SPd, MA sebagai Ketua dan Ria Ukur Tondang sebagai Sekretaris.

Kepengurusan DPD MUKI Tanjung Pinang merupakan DPD MUKI pertama di Kepri, menyusul pelantikan DPW MUKI Kepri yang baru saja dilantik pada 10 Oktober 2020.

Kepada pers, Johan Siringoringo, menyatakan akan segera berkoordinasi dengan seluruh organisasi Aras Gereja se-Tanjung Pinang untuk sosialisasi MUKI.

Serta menyusun program yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, seperti bimbingan UKM serta pendampingan hukum atau advokasi bagi umat yang menghadapi persoalan-persoalan hukum.(*)