Sabtu, 20 April 2024

Ketua KPK Sebut Pekan Depan Akan Tahan Dua Kepala Daerah

Berita Terkait

batampos.co.id – Lembaga antirasuah akan menahan dua kepala daerah pada pekan depan.

Hal ini dungkap oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, pada acara Webinar Pembekalan Cakada melalui siaran daring, Selasa (10/11/2020).

Namun, Firli tak membeberkan siapa sosok kepala daerah yang bakal ditahan KPK itu.

“Bapak lihat aja nanti, minggu depan ada dua orang lagi, bupati dan wali kota,” kata Firli seperti yang dilansir dari JawaPos.com

Polisi jenderal bintang tiga itu enggan mengungkapkan identitas dua kepala daerah yang bakalan mendekam di rumah tahanan (rutan) KPK.

Baca Juga: Jokowi Terbitkan Perpres Supervisi KPK, Bisa Ambil Alih Kasus di Polri dan Kejaksaan

Firli menyebut, KPK menaruh perhatian terhadap jalannya pemilihan kepala daerah, karena banyaknya kepala daerah yang tersandung kasus korupsi.

Firli menuturkan, KPK sudah menjerat 122 orang bupati/wali kota dan 21 orang gubernur yang terjerat kasus korupsi. Terlebih, 26 provinsi dari total 34 provinsi pun sudah terjerat korupsi.

“Sebaran korupsi terjadi di 26 provinsi, kalau begitu berarti hanya 8 yang tidak atau belum tertangkap, 26 dari 34,” cetus Firli.

Untuk diketahui, sepanjang 2020 KPK telah menahan tiga orang kepala daerah yakni Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Bupati Kutai Timur Ismunandar dan Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman.(jpg)

Update