batampos.co.id – PT Adhya Tirta Batam (ATB) tetap berkomitmen memberi pelayanan air bersih berkualitas. Setelah 25 tahun memberi dedikasi terbaik untuk Batam, ATB bersiap mengembangkan sayap ke seluruh Indonesia.

“ATB telah mampu memberi bukti 25 tahun di Batam. Selajutnya ATB dalam waktu dekat akan berjalan di Umbulan, Lampung dan Palembang,” ucap Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus, Selasa (17/11/2020).

ATB sudah bersama masyarakat Batam dengan memberi pelayanan terbaik. 25 tahun dilalui dengan gemilang hingga ATB punya prestasi. Nama besar ATB identik dengan kota Batam akan terus berkembang memberi pelayanan air jadi lebih baik untuk Indonesia.

“Bahkan sejumlah daerah tertarik bekerjasama dengan ATB guna menghasilkan pelayanan terbaik seperti dari Aceh, Samosir, Tanjung Pinang, Subang, Magelang, Gresik, Sidoarjo hingga Makassar,” ujar Maria Jacobus.

ATB menjadi benchmark perusahaan air minum dengan pengelolaan yang terbaik, efisien dan profesional di Indonesia. Kurun waktu 25 tahun beroperasi, ATB selalu jadi rujukan dari PDAM, DPRD, hingga instansi pemerintah. Termasuk sejumlah negara dari mancanegara seperti China, Afrika Selatan, Korea, Malaysia dan Timor Leste.

ATB menjadi perusahaan terdepan perintis konsep Smart Water Company di Indonesia. Berbagai aplikasi yang dimiliki ATB merupakan hasil karya tim internal ATB tanpa bantuan konsultan pihak ketiga.

Sistem SPARTA Smart Solution milik ATB jadi platform andal bagi pengembangan Smart Water System

Sistem SPARTA Smart Solution milik ATB jadi platform andal bagi pengembangan Smart Water System. Foto: ATB untuk batampos.co.id

“10 tahun terakhir, ATB terus mengembangkan berbagai aplikasi untuk mendukung konsep Smart Water Management System,” kata Maria Jacobus.

Jika sebelumnya teknologi yang dikembangkan dikenal dengan nama ATB SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) 4.0 Terintegrasi, maka dalam waktu dekat ATB akan segera meluncurkan nama baru untuk sistem ini yaitu SPARTA Smart Solution.

SPARTA yang merupakan akronim dari Sistem Pengolahan Air Terpadu berbasis Scada, akan menjadi sebuah sistem yang menjawab kebutuhan perusahaan air di seluruh Indonesia bahkan mancanegara.

“Kemampuan SPARTA Smart Solution dalam memasukkan Big Data Analytic dari seluruh komponen operasi yang dipadukan dengan sistem ERP (Enterprise Resource Planing) tidak hanya membantu tim teknis atau operator lapangan saja, namun juga mampu memberikan insight bagi manajemen dalam mengambil keputusan bisnis dengan cepat dan tepat,” papar Maria menambahkan.

Tata kelola dalam penanganan big data dinilai sangat luar biasa karena ATB satu-satunya perusahaan yang memiliki sistem berbasis SCADA 4.0, GIS (Geographic Information System) dan ERP (Enterprise Resource Planning) System terintegrasi yang mampu menyajikan data real time.

ERP milik ATB mampu meminimalisir resiko kesalahan informasi dan mampu meningkatkan kinerja untuk berbagai aktivitas perusahaan dalam memberikan pelayanan prima kepada pelanggan.

“SPARTA Smart Solution telah diakui mampu menjadi platform yang dapat diandalkan bagi pengembangan Smart Water System. Hal ini dapat mengintegrasikan dan mengatasi semua isu utama, baik dalam pengembangan maupun penerapannya dalam operasional perusahaan air di Indonesia,” tutur Maria.

Sistem cerdas yang sudah beberapa kali diganjar penghargaan Nasional dan diakui secara regional ini, dalam waktu dekat akan dilakukan pengembangan di beberapa kota di Indonesia. Belakangan ini perusahaan pelayanan air di Indonesia semakin dituntut untuk lebih efisien dan memberikan layanan dengan kualitas yang prima.

“Konsep Smart Water Company yang diterapkan ATB baik dari segi sistem manajemen, teknologi, pembayaran hingga sumber daya manusia, dalam beberapa tahun ke depan akan dapat ATB jalankan di berbagai kota di Indonesia,” pungkas Maria Jacobus (*)