batampos.co.id – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam merilis, sedikitnya 27 tenaga medis di instalasi gawat darurat RSUD Embung Fatimah terpapar virus corona.

Garda terdepan dalam penanganan pasien positif ini, sekarang sudah dirawat di ruangan rumah sakit.

“Yang tutup IGD saja. Sedangkan ruangan poli dan perawatan tetap berjalan seperti biasa,” kata Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Didi Kusmarjadi, Jumat (20/11/2020) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Saat ini, semua tenaga medis yang terpapar sudah menjalani isolasi mandiri di ruangan rumah RSUD EF.

Pasien tersebut semuanya masuk kategori orang tanpa gejala (OTG).

“Sudah dirawat dan mudah-mudahan cepat pulih, sehingga bisa segera kembali bertugas,” ujarnya.

Mengenai ketersediaan tenaga medis, Didi mengungkapkan, mereka yang terpapar adalah petugas IGD, dampaknya perawatan di IGD sudah ditutup dan akan dibuka kembali ketika tenaga medis sembuh.

Semua tenaga medis yang terpapar ini merupakan pasien baru. Meskipun, kasus terpaparnya tenaga medis di RSUD EF ini juga bukan kasus pertama.

Sebelumnya, kurang lebih 40 tenaga medis terpapar. Didi mengungkapkan, terpaparnya tenaga medis ini dikarenakan mereka berhubungan langsung dengan pasien positif.

“Sudah pakai APD (Alat Pelindung Diri), namun tetap terpapar, kadang ada juga faktor kelelahan sehingga imun turun,” imbuhnya.(jpg)