batampos.co.id – Tiga proyek pelebaran dan peningkatan jalan di akhir tahun, mulai dikerjakan Badan Pengusahaan (BP) Batam, pekan depan.

Target penyelesaian selama enam bulan dari Desember 2020 hingga Mei 2021.

Adapun, tiga proyek tersebut yakni:

  1. Pembangunan jalur kedua dan peningkatan Jalan Hang            Kesturi, dari Sim pang Batu Besar menuju Simpang Taiwan,      Nongsa.
  2. Peningkatan jalan lengan di Pelabuhan Batu Ampar
  3. Peningkatan jalan dari Bundaran Madani ke Ocarina, Batam     Center.

“Pekerjaannya mulai kontrak hari ini (kemarin). Jadi mulai minggu besok, sudah bisa dikerjakan di lapangan,” kata Kasubdit Pembangunan Jalan, Jembatan dan Transportasi Massal BP Batam, Boy Zasmita, Selasa (24/11/2020) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Sejumlah kendaraan melintas di depan Bundaran Tuah Madani di Batamceter. BP Batam mulai mengerjakan tiga proyek pelebaran dan peningkatan jalan di akhir tahun, salah satunya di sekitar Bundaran Madani. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

Khusus untuk proyek peningkatan jalan dari Bundaran Madani menuju ke Ocarina, akan dilengkapi dengan jalur untuk pesepeda.

“Masing-masing proyek itu butuh waktu enam bulan, kecuali
proyek Jalan Hang Kesturi yang butuh waktu tujuh bulan,” ucapnya.

Tiga proyek ini memakan pagu anggaran sebesar Rp 71 miliar, terdiri dari Rp 37 miliar untuk proyek di Batu Besar, Rp 24 miliar untuk proyek di Batu Ampar dan Rp 20 miliar untuk proyek di
Ocarina.

Adapun, tujuan dari proyek pembangunan dan peningkatan jalan ini bermacam-macam, tapi yang utamanya untuk mengejar peningkatan investasi.

”Selain itu, kami benahi supaya tidak banjir lagi seperti di Pelabuhan Batu Ampar,” pungkasnya.(jpg)