Jumat, 19 April 2024

Oleh-oleh Luhut dari AS, Pfizer-Bio Farma Kerjasama Produksi Vaksin

Berita Terkait

batampos.co.id – Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, salah satu oleh-oleh kunjungannya ke Amerika Serikat (AS) berujung pada kerja sama produksi vaksin Covid-19. Hal itu setelah dilakukan pembahasan bersama dengan Wapres AS Mike Pence yang akan membantu pengadaan vaksin di Indonesia.

“Wapres Pence dan saya berbicara hampir 15 menit. Kami bicara menyangkut masalah vaksin dan Amerika,” ujarnya dalam webinar CEO Networking 2020, Selasa (24/11).

Luhut menyebut, dirinya telah melakukan pembiayaan lebih lanjut dengan Pence mengenai kerjasama vaksin Covid-19. Menurutnya, telah ada kesepakatan antara Pfizer dan Bio Farma untuk melakukan kerja sama vaksin Corona.

Bahkan, kedua belah pihak telah saking berkoordinasi melalui virtual dengan Secretary of Health dan Wakil Menteri Budi Sadikin, serta BPOM. “Tadi malam kami sudah follow up lewat video call. Jadi untuk Pfizer membuat kerja sama dengan Bio Farma,” ungkapnya.

Sebagai informasi, dalam keterangan KBRI Washington, Luhut bertemu dengan Wakil Presiden AS Mike Pence pada Selasa (17/11). Saat bertemu Pence, Luhut ditawarkan kerja sama untuk memproduksi vaksin Covid-19.

Pada kesempatan itu, Pence menawarkan kerja sama produksi vaksin yang bisa digarap oleh perusahaan Indonesia dan AS. Hal itu disampaikan langsung kepada Luhut saat berada di kantor Pence.(jpg)

Update