Selasa, 19 Maret 2024

Petani Bintan Akhirnya Bisa Panen Padi

Berita Terkait

Permintaan Tiket Terbanyak adalah Rute Batam-Padang

Peningkatan Status RSUD Tanjungbatu Terus Digesa

Suhu Udara Batam Bisa Mencapai 33 Derajat Celcius

batampos.co.id – Pjs Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar Baharuddin menegaskan bahwa di masa pandemi covid-19 ini ada tiga sektor yang bisa menyelamatkan bangsa ini. Yakni sektor pertanian, peternakan dan perikanan.

Hal ini disampaikan Bahtiar saat menghadiri kegiatan panen padi bersama Pjs Gubernur Kepri dan Pjs Bupati Bintan di Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kamis (27/11). Yakni kegiatan pengembangan tanaman pangan (padi dan jagung) untuk percepatan penanganan dampak covid-19 di Bintan.

“Akibat pandemi covid, sekarang seluruh dunia lumpuh. Negara yang berbasis industri, menangis semua. Makanya saya katakan bahwa petani ini lah pahlawan negeri ini. Sektor pertanian, peternakan dan perikanan lah yang bisa menyelamatkan negeri ini di masa pandemi ini,” kata Bahtiar.

Bagaimanapun juga, lanjut Bahtiar, seluruh dunia pasti butuh makan. Oleh sebab itu ketersediaan pangan yang cukup merupakan sebuah keniscayaan yang harus dilakukan.

“Semua butuh makan. Ini gak bisa dipungkuri. Makanya sangat tepat sekali jika masyarakat di sini semangat mengembangkan sektor pertanian,” katanya.

Pjs Gubernur Bahtiar saat menghadiri kegiatan panen di Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kamis (27/11). (foto:humaspemprov)

Memulai sesuatu yang tidak ada, lanjut Bahtiar, bukan pekerjaan yang mudah. Oleh sebab itu, Bahtiar mengaku mengapresiasi inisiatif masyarakat Bintan ini. Dimulai dengan 25 hektar dan dikerjakan bersama-sama.

“Jujur pak, kalau di kampung saya, di Bone. Lahan 25 hektare ini cukup satu keluarga yang kelola. Karena di sana memang masyarakatnya rata-rata petani. Termasuk saya adalah pelakunya. Namun karena di Bintan ini bukan daerah pertanian, namun masyarakat mau memulai ini, maka saya sangat mengapresiasi ini,” kata Bahtiar.

Bahtiar juga mengajak masyarakat Bintan bangga menjadi petani. Dan semua orang wajib menghormati petani.

“Ingat, tanpa petani, tidak ada beras yang bisa kita makan. Makanya kita harus bangga dan menghormati petani,” ujar Bahtiar.

Hadir juga dalam kesempatan ini Pjs. Bupati Bintan Buralimar. Yang mana dalam kesempatan ini mengatakan jika dimasa pandemi covid-19 ini sektor makanan tetapbdibutuhkan.

“Sehancur-hancurnya perekonomian, makanan pasti dibutuhkan. Makanya seudah seharusnya kita mulai melakukan swasembada pangan. Dan hari ini kita memulai. Kita tanam dulu, baru panen kemudian,” ujarnya.(*/uma)

Update