batampos.co.id – Layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batam di Batu Aji masih tutup, Rabu (25/11/2020).

Layanan ini tutup sejak Selasa (17/11/2020) lalu karena ada 27 orang tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit tersebut yang terpapar Covid-19 dan hingga saat ini masih dalam pena nganan medis.

Humas RSUD Embung Fatimah Batam, Novita, menuturkan, 27 nakes tersebut masih dirawat di RSUD bersama pasien Covid-19 lainnya.

Kondisi mereka cukup baik. Namun, mereka belum bisa keluar karena masih menunggu proses swab selanjutnya.

“Kalau dua kali swab terakhir negatif berturut-turut, baru bisa dipulangkan. Saat ini belum, masih menjalani perawatan sesuai anjuran dari Kemenkes,” kata Novi seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Warga berjalan di depan RSUD Embung Fatimah Batam di Batu Aji, beberapa waktu lalu. Hingga saat ini layanan IGD di RSUD Embung Fatimah masih ditutup. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

Terkait perpanjangan masa penutupan IGD, sebut Novi, memang harus dilakukan demi mempersempit ruang gerak penyebaran Covid-19.

“Kebanyakan petugas dari IGD, makanya masih ditutup sampai hari ini (kemarin). Itu untuk upaya pencegahan biar tak meluas lagi penyebaran wabah ini,” katanya.

Seperti diketahui, penutupan layanan IGD RSUD ini sudah
kali kedua.

Dimana, pada akhir Agustus lalu juga sudah dilakukan penutupan serupa, sebab ada puluhan petugas medis di sana yang terpapar Covid-19.

Petugas medis yang terpapar ini semuanya sudah sembuh dan kembali melaksanakan tugas pokok mereka di rumah
sakit.(jpg)