Perut datar, otot kencang, dan kalau bisa six-pack. Siapa yang tak ingin? Demi mendapatkan bentuk perut yang indah, tentu ada workout rutin yang harus dilakukan.

ELVIN Lukman adalah satu di antara begitu banyak orang yang mendambakan perut ramping. Berat badan dosen The Sages Institute International itu sudah mencapai 136 kg. Pekerjaannya sebagai dosen di akademi kuliner dan pastry membuat Elvin harus rajin icip-icip makanan, termasuk yang manis-manis.

Kalori dalam tubuhnya pun terus bertambah hingga perutnya buncit. ’’Tapi, sekarang sudah enggak lagi. Kalau habis mencicipi makanan siswa, saya buang langsung, enggak saya telan,’’ katanya.

Namun, itu hanya sebagian kecil dari usaha Elvin untuk mengurangi berat badan. Sebulan belakangan, dia aktif berlatih fisik demi mengecilkan perut. Dia ’’berguru’’ kepada Dedy Darsono Gunawan, owner Stellar Powerhouse. Banyak gerakan yang sudah dipelajari Elvin dari Dedy. Di antaranya, gerakan-gerakan ringan untuk mengecilkan perut. Antara lain, prone knee to elbow, spiderman plank, plank jacks, bicycle crunches, serta leg raises.

Gerakan-gerakan itu juga bisa Anda praktikkan dengan mudah di rumah, tentu dengan pemanasan terlebih dahulu. Untuk pemanasannya, Anda dapat melakukan gerakan jumping jacks.

Untuk membantu meningkatkan intensitas dan keamanan saat latihan, Elvin mengenakan beberapa perangkat dari Svarga. Misalnya wrist wrap yang dipasang di pergelangan tangan. Wrist wrap tersebut melindungi pergelangan tangannya. (Robertus Risky/Jawa Pos)

Setelah pemanasan, lakukan setiap latihan perut dengan baik. Lima gerakan itu akan memacu perut untuk ikut bergerak. Gerakan-gerakan tersebut memacu kardio untuk detak jantung yang lebih cepat. Tujuannya, lebih banyak lemak yang terbakar. Gerakan itu sekaligus dapat melatih otot perut. Bentuk otot akan lebih terlihat jika sudah banyak lemak yang terbakar.

Dedy yang menjadi coach Elvin mengatakan, sebulan terakhir Elvin cukup menunjukkan perkembangan. Perut bagian sampingnya kini sedikit lebih ramping. Fokus latihannya memang dilakukan pada perut terlebih dahulu. ’’Banyak orang yang malas bergerak karena perutnya buncit, meskipun secara keseluruhan badannya tidak gendut. Kalau lemak di perut sudah terbakar, otomatis latihan untuk bagian tubuh yang lain seperti tangan dan kaki akan lebih efektif dan ringan,’’ paparnya.

Menurut Dedy, yang paling utama dari keberhasilan mengecilkan perut adalah niat. Dedy tidak suka memaksa klien untuk berolahraga. Sebab, workout untuk tujuan apa pun akan lebih efektif kalau komitmen datang dari diri klien sendiri, bukan disuruh orang lain.

TAHAPAN-TAHAPAN GERAKAN

1. PRONE KNEE TO ELBOW

(15 x 3 putaran)
Hadapkan badan ke arah lantai, kedua tangan lurus menumpu badan. Tarik lutut secara maksimal ke bahu bagian samping. Tekan, lepaskan.
2. SPIDERMAN PLANK

(12 x 3 putaran)
Hadapkan badan ke arah lantai, biarkan tangan menumpu badan. Tekuk lutut sampai menempel dengan perut bagian samping.
3. BICYCLE CRUNCHES

(20 x 3 putaran)
Badan menengadah ke atas, kedua tangan menyentuh kepala bagian belakang. Gerakkan kaki secara menyilang hingga lutut menyentuh siku.
4. LEG RAISES

(12 x 3 putaran)
Tubuh berbaring menengadah. Luruskan
kedua kaki, naikkan. Hingga posisi tubuh membentuk sudut 45 derajat.(jpg)