batampos.co.id – Kementerian Luar Negeri RI dan KJRI Jeddah langsung bergerak menangani penemuan jenazah WNI di dalam koper di wilayah Mina, Makkah, Arab Saudi. Penemuan tersebut dilaporkan oleh warga Makkah pada Jumat (27/11) malam waktu setempat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh KJRI dari Kepolisian Wilayah Mina, jenazah tersebut adalah perempuan pekerja migran Indonesia dengan inisial A berusia 23 tahun.

“Selanjutnya diperoleh informasi bahwa pihak kepolisian telah melakukan penangkapan terhadap dua WNI yang diduga terlibat dalam penempatan jenazah dalam koper tersebut,” ujar Direktur Perlindungan WNI Kemlu Judha Nugraha ketika dikonfirmasi Antara tentang kasus ini melalui pesan singkat, Senin (30/11).


Judha menjelaskan bahwa hasil visum menunjukkan tidak terdapat tanda-tanda kekerasan pada jenazah A. Namun, untuk memastikan penyebab kematian akan dilakukan otopsi.

“Langkah-langkah tindak lanjut segera dilakukan Kemlu dan KJRI Jeddah antara lain menghubungi keluarga almarhumah A dan melakukan pendampingan hukum terhadap dua WNI yang ditangkap,” ungkap Judha.

KJRI Jeddah telah menyediakan jasa penerjemah selama kedua WNI tersebut menjalani pemeriksaan dari otoritas setempat. KJRI juga akan membantu pemulasaraan jenazah A sesuai permintaan keluarga.

Sebelumnya seperti dilansir Gulf News, telah ditemukan jenazah perempuan muda di dalam koper di Makkah. Penemuan itu dilaporkan oleh warga Makkah pada Jumat (27/11) lalu. Berdasar investigasi awal mengungkapkan bahwa almarhum adalah warga negara Indonesia (WNI), berusia 24 tahun, dan dia dilaporkan tidak masuk kerja.

Jaksa Penuntut Umum di Makkah telah menerima dokumen kasus untuk menyelesaikan investigasi guna mengungkap penyebab kematian WNI tersebut.(jpg)