Kamis, 28 Maret 2024

Seleksi Guru PPPK Jangan Hanya untuk Isi Kebutuhan Guru

Berita Terkait

batampos.co.id – Pemerintah akan melakukan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk para guru honorer serta pendidikan profesi guru (PPG) yang sudah lulus. Seleksi ini akan dilakukan pada 2021 mendatang.

Dalam seleksi kali ini, pemerintah memberikan beberapa kemudahan. Mulai dari yang bisa mendaftar dari usia 20 sampai 59 tahun, tidak memerlukan surat pernyataan pengabdian minimal hingga bisa mengikuti tes tiga kali.

Pengamat Pendidikan dari Komisi Nasional Pendidikan, Andreas Tambah mengenai hal itu mengatakan, seleksi itu diharapkan tidak hanya untuk mengisi kebutuhan guru. Namun juga untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia.

’’Yang penting kompetensi dan kinerja bagus ya ngga masalah. Cuman untuk yang muda-muda itu harus berkualitas, jangan untuk mengisi kebutuhan guru saja,’’ terangnya, Minggu (29/11).

Ia berkata, tantangan dunia ke depan akan semakin berat, maka dari itu peningkatan kompetensi perlu disiapkan. Bukan hanya dari segi pendidik, tapi juga anak lewat keluarga dan lembaga pendidikan.

’’Jadi guru-guru itu punya etos kerja bagus dan punya kredibilitas tinggi dalam menjalankan tugasnya dan kompetensi itu juga tinggi. Dalam hal ini untuk terus memotivasi utnuk terus membaca dan belajar, karena dari situ dia akan melihat dunia. Guru-guru harus menjadi mediator yang bagus untuk anak-anak,’’ jelasnya.

Krisis seperti ini mungkin saja akan kembali melanda dunia di masa depan. Salah satu solusi menghadapi permasalahan itu adalah menguasai pemanfaatan teknologi. ’’Kita terseok-seok. kenapa, karena guru itu ngga punya kemampuan teknologi dalam pembelajaran daring. Kalau guru punya memiliki kemampuan teknologi komunikasi yang bagus, mungkin pembelajaran daring ngga membosankan, karena guru kreatif. Kan sekarang cuma buat tes, kasih tugas. Jadi guru itu harus kreatif, harus menguasai teknologi lebih dari sekarang,’’ tegas Andreas. (*/jpg)

Update