batampos.co.id – Vaksin Covid-19 akan segera disebarkan ke seluruh wilayah. Untuk Provinsi Kepulauan Riau, vaksin ini akan ditempatkan di Tanjung Pinang, sebelum disebarkan ke seluruh kota dan kabupaten di Kepri.

”Drop-nya Tanjung Pinang, untuk (vaksin) seluruh Kepri,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, M Bisri, Minggu (29/11/2020) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Namun, untuk tahap awal, bakal ada prioritas kalangan yang mendapatkan vaksin.

Seperti, tenaga kesehatan, kepolisian, peserta BPJS Kesehatan dan pelaku usaha.

”Tapi saya tidak mengetahui apakah pelaku usaha kecil, menengah atau besar. Tapi logika saya, mungkin orang-orang di pasar perlu rasanya diberikan vaksin dulu,” ungkapnya.

Ia mengatakan, sudah diminta oleh Kementerian Kesehatan untuk menyiapkan tempat penyimpanan vaksin.

Bisri mengaku, Pemerintah Provinsi Kepri sedang menyiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk penempatan vaksin tersebut.

Tempat yang disiapkan sebagai penyimpanan vaksin, kata Bisri, sedang dicek. Ia mengatakan, segala kekurangan tempat penyimpanan akan segera dilaporkan ke Kementerian Kesehatan.

Nantinya, Kementerian Kesehatan memberikan arahan apa saja yang perlu ditambahkan atau dipersiapkan di tempat penyimpanan vaksin tersebut.

”Kami lagi cek ini, apa kondisi berfungsi dengan baik atau tidak,” ungkapnya.

Bisri mengaku, belum mengetahui jumlah vaksin yang akan dikirimkan ke Kepri dalam tahap awal.

Namun, ia berharap jumlah vaksin dikirimkan sesuai dengan jumlah penduduk di Kepri, sekitar 1,4 juta orang.

”Semoga saja sebanyak itu,” ucapnya.

Terkait vaksin ini, Bisri mengaku masyarakat tidak perlu khawatir. Karena vaksin yang akan diberikan tersebut, sudah melalui serangkaian uji tes.

”Sudah lolos, saya yakin aman,” pungkasnya.(jpg)