Selasa, 19 Maret 2024

BP Batam dan Pemprov Kepri Kembangkan Kawasan Maritim City Pulau Galang

Berita Terkait

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menandatangani Nota Kesepahaman untuk Pengembangan Kawasan Maritime City di Pulau Galang, Kota Batam.

Penandatanganan dilakukan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadhillah dan Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan Investasi BP Batam, Sudirman Saad, disaksikan Pjs. Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Bahtiar Baharuddin, dan Plh. Kepala BP Batam, Purwiyanto, Minggu (29/11/2020).

Plh. Kepala BP Batam, Purwiyanto, mengatakan, hal ini sebagai komitmen BP Batam dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk mengoptimalkan pengembangan Kawasan Maritim Galang yang menyimpan potensi kelautan dan perikanan yang besar.

“Jadi fokus kerja sama ini adalah pemanfaatan aset dan sumberdaya alam. Bila kedua hal ini bisa dilakukan dengan baik, maka nilai daya saing Batam, khususnya bagi pengembangan ekonomi di sektor kelautan bisa meningkat,” ujar Purwiyanto.

Dari kiri ke kanan: Pjs. Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Bahtiar Baharuddin, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadhillah dan Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan Investasi BP Batam, Sudirman Saad dan Plh. Kepala BP Batam, Purwiyanto, saat penandatanganan Nota Kesepahaman untuk Pengembangan Kawasan Maritime City di Pulau Galang, Kota Batam. Foto: BP Batam untuk batampos.co.id

Ia berharap, seluruh pihak yang terlibat dalam pengembangan kawasan ini sadar pentingnya pengembangan ini untuk kemaslahatan masyarakat.

BP Batam lanjutnya, akan mendukung penuh kegiatan ini agar berjalan lancar dan mengawal pelaksanaannya hingga selesai.

Sementara itu, Pjs. Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Bahtiar Baharuddin, mengatakan, 96 persen wilayah Provinsi Kepulauan Riau adalah laut dan 4 persen merupakan daratan.

Dari total wilayah tersebut kontribusi terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) hanya 38 persen saja.

“Saya sudah diskusi dengan masyarakat setempat, baik para nelayan dan warga, kami temukan beberapa masalah dalam pengelolaan hasil laut. Jadi dengan Nota Kesepakatan ini, kami harapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kepri,” kata Bahtiar.

Bahtiar menilai, industri yang telah ada di Batam belum mampu menampung potensi perikanan di Provinsi Kepulauan Riau.

“Jadi melalui konsep pengembangan industri maritim Galang ini, kami yakin mampu menumbuhkan optimisme, khususnya para nelayan. Karena ini manfaatnya akan terasa langsung kepada mereka,” ujar Bahtiar.

Ruang lingkup perjanjian ini mencakup, penyiapan studi pendahuluan, konsolidasi dan sinkronisasi pengadaan, persiapan regulasi, serta pengalokasian lahan untuk sarana dan prasarana yang mendukung program.

Update