batampos.co.id – Pergantian operator air minum di Batam juga berdampak pada cara pengecekan tagihan air secara online.

Melalui laman resminya, Moya Indonesia dan BP Batam memublikasikan website resmi untuk pengecekan tagihan air.

“Cek tagihan air Sistem Peny- ediaan Air Minum (SPAM) Batam melalui website di alamat http://airminumbatam.bpbatam.go.id,” ujar Corporate Communication Moya Indonesia, Astriena Veracia,
Selasa (1/12/2020) seperti yang diberitakan Harian Batam Pos.

Laman website ini juga bisa diakses lewat scan code QR, yang bisa dilihat di Instagram @airminumbatam.

“Untuk mendapatkan tagihan air, tinggal masukkan nomor sambungan atau nomor meteran (nomor pelanggan) ke kotak yang ada di website tersebut. Setelah itu tekan “cek,” paparnya.

Website pengecekan tagihan air di SPAM Batam.

Data pelanggan juga secara lengkap tertera, ketika sudah memasukkan nomor pelanggan tersebut.

“Terdiri dari nomor sambungan, nama pelanggan, alamat dan juga total tagihannya,” ungkapnya.

Untuk mendapatkan tagihan yang tepat, Moya mengoperasikan sistem SCADA.

Menurutnya sistem SCADA mampu untuk melakukan kontrol terhadap seluruh rangkaian proses pompa, monitoring tekanan jaringan distribusi dan akuisisi data yang terjadi di Instalasi Pengolahan Air (IPA) secara terkini dan waktu pelaporannya juga dikirim secara periodik.

Saat ini SCADA yang diimplementasikan pada SPAM Batam sudah dapat diakses dan dimonitor melalui mobile phone untuk menunjang kegiatan operasional, baik di IPA maupun untuk lingkup distribusi.

“Parameter yang dapat dimunculkan oleh sistem SCADA ini adalah menampilkan level tangki air, flow (debit air) dan pressure (tekanan air), serta memunculkan data kualitas air pada IPA tersebut,” ujarnya.

Kata dia, sistem SCADA juga mampu mengatur set point tekanan air pada saat pompa beroperasi. Sehingga tekanan air sesuai dengan yang diinginkan.(jpg)