Sabtu, 20 April 2024

Penyaluran Kuota Gratis Kemendikbud Tidak Capai Target

Berita Terkait

batampos.co.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) per 30 November lalu telah menyelesaikan pengiriman kuota data internet gratis kepada para siswa, guru, mahasiswa, dan dosen. Distribusi kuota bulan November dan Desember didistribusikan sekaligus pada November.

Bantuan kuota internet untuk November dan Desember itu dikirim secara bersamaan dengan jadwal tahap I pada 22–24 November 2020. Sementara untuk tahap II dimulai pada 28–30 November 2020.

Plt. Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi mengungkapkan bahwa total pengiriman kuota data untuk November-Desember berjumlah 35,7 juta orang. Kuota masih sama seperti pengiriman di bulan Oktober. ’’Tidak ada peningkatan,’’ ungkapnya, Kamis (3/12).

Hal ini tentu tidak sesuai dengan target pengiriman yang hendak dicapai Kemendikbud, yakni sebesar 59.543.090 orang. Dia mengatakan bahwa penyebabnya adalah warga pendidikan berada di wilayah 3T (terluar, terdepan, tertinggal), sekolah yang tidak mendaftar untuk kuota gratis hingga belum mengisi SPTJM (surat pernyataan tanggung jawab mutlak).

’’Bisa jadi, terkait dengan kurang meratanya sinyal infrastruktur di Indonesia dan pihak sekolah yang mungkin tidak mengisi SPTJM terkait kuota ini,’’ ujarnya.S

Sebagai informasi tambahan, kuota gratis selama dua bulan itu akan berlaku hingga 75 hari, terhitung sejak kuota gratis diterima oleh nomor ponsel pendidik dan peserta didik.

Untuk paket kuota gratis peserta didik PAUD sebesar 20 GB per bulan, dengan rincian 5 GB untuk kuota umum dan kuota belajar 15 GB. Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan kuota gratis sebanyak 35 GB per bulan, 5 GB kuota umum dan kuota belajar 30 GB.

Kemudian, untuk kuota gratis para pendidik pada PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah sebesar 42 GB per bulan, dengan rincian 5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar. Sementara itu, aket kuota gratis untuk mahasiswa dan dosen sebesar 50 GB per bulan, dengan rincian 5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar. (*/jpg)

Update